Hadiah Nobel Perdamaian segera diumumkan, Trump dan Kim Jong-un jadi kandidat favorit

Jumat, 5 Oktober 2018 16:30 Reporter : Ira Astiana
Hadiah Nobel Perdamaian segera diumumkan, Trump dan Kim Jong-un jadi kandidat favorit Donald Trump dan Kim Jong-un di Singapura. AP Photo/Evan Vucc

Merdeka.com - Pemenang Hadiah Nobel Perdamaian 2018 akan diumumkan hari ini. Sebanyak 331 individu dan organisasi telah dinominasikan tahun ini, namun daftar kandidat resmi masih dirahasiakan secara ketat.

Hal yang cukup mengejutkan dalam ajang ini adalah bahwa pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menjadi orang terfavorit yang diminta dijadikan kandidat, bersamaan dengan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in. Tidak hanya keduanya, nama Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Kanselir Jerman Angela Merkel pun dianggap sebagai pemenang potensial dalam ajang ini.

Dilansir dari laman ABC, Jumat (5/10), pemilihan nominasi ditutup pada Februari lalu, sebelum pertemuan antar-pemimpin Korea dan KTT Trump dan Jong-un di Singapura. Meski demikian panitia bisa mempertimbangkan kandidat baru sebelum pemenang diumumkan.

Beberapa bulan lalu, Jong-un dan Trump sama-sama terlibat retorika melibatkan senjata nuklir. Namun situasi tegang itu berhasil diminimalisir setelah Jong-un dan Moon menggelar KTT di Pyeongyang.

Bersama-sama, Jong-un dan Moon menandatangani sebuah deklarasi yang mengumumkan 'era baru perdamaian'. Ini adalah langkah awal untuk menghentikan ketegangan di semenanjung Korea dan untuk menyatukan kembali kedua negara yang terpisah pada akhir Perang Korea pada tahun 1956.

Jika salah satu pemimpin negara tersebut menjadi pemenang Hadiah Nobel, maka mereka harus melakukan gebrakan sesuai dengan yang diharapkan oleh Alfred Nobel. Para pemenang harus melakukan upaya terbaik demi memperjuangkan persaudaraan antar bangsa. [ias]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini