Bayi Mammmoth Utuh Berusia 30.000 Tahun Ditemukan di Kanada

Senin, 27 Juni 2022 13:22 Reporter : Hari Ariyanti
Bayi Mammmoth Utuh Berusia 30.000 Tahun Ditemukan di Kanada Bayi mammoth beku yang ditemukan di Kanada. ©Pemerintah Yukon

Merdeka.com - Bayi mammoth atau sejenis gajah purba dalam keadaan utuh ditemukan membeku dalam lapisan es di Kanada. Ini merupakan temuan pertama makhluk purba di Amerika Utara.

Mammoth ini diperkirakan berusia lebih dari 30.000 tahun dan ditemukan pertama kali oleh penambang emas di wilayah Klondike, Yukon pada Selasa lalu. Kawasan penemuan ini milik Tr'ondek Hwech'in First Nation.

Dikutip dari BBC, Senin (27/6), pemerintah Yukon membandingkan temuan ini dengan bayi mammoth yang ditemukan di lapisan es Siberia, Rusia pada 2007.

"Ini merupakan mammoth beku paling utuh yang ditemukan di Amerika Utara," jelas pemerintah Yukon dalam pernyataannya, menambahkan bahwa ini adalah temuan sejenis kedua di dunia.

Pemerintah Yukon juga menyebutkan, Nun cho ga seukuran dengan bayi mammoth Lyuba yang ditemukan di Siberia, yang berusia 42.000 tahun.

Bayi mammoth betina itu dinamakan Nun cho ga, yang artinya "hewan bayi besar" dalam bahasa Han yang digunakan penduduk asli Amerika di wilayah tersebut.

"Nun cho ga itu cantik dan salah satu dari hewan zaman es yang diawetkan yang pernah ditemukan di dunia," kata ahli paleontologi Yukon, Grant Zazula.

Nun cho ga adalah mammoth beku paling utuh yang ditemukan di Amerika Utara. Pada 1948, ditemukan betis mammoth yang dinami Effie di tambang emas di Alaska.

Menurut laporan CBC News, Nun cho ga digali setelah seorang penambang menghubungi bosnya untuk melihat sesuatu yang ditabrak buldosernya di Sungai Eureka yang berlumpur, di selatan kota Dawson. [pan]

Baca juga:
Fosil Kura-Kura Hamil yang Terkubur 2.000 Tahun Lalu Ditemukan di Situs Pompeii
Ikan Air Tawar Terbesar Ditemukan di Sungai Mekong Kamboja, Beratnya 300 Kg
Kodok Mungil dari Dominika Bertualang Sejauh 6.000 Kilometer
Tes DNA Ungkap Asal Usul Wabah Pes yang Tewaskan Setengah Populasi Eropa
Galaksi Saat Alam Semesta Baru Terbentuk Lebih Besar dari yang Diperkirakan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini