AS Impor 35 Ton Susu Formula dari Jerman untuk Atasi Kelangkaan

Senin, 23 Mei 2022 12:02 Reporter : Hari Ariyanti
AS Impor 35 Ton Susu Formula dari Jerman untuk Atasi Kelangkaan Kelangkaan susu formula di supermarket AS. ©Jim Watson/AFP

Merdeka.com - Pesawat kargo militer Amerika Serikat (AS) mengangkut pengiriman pertama susu formula untuk bayi sebanyak 35 ton yang diimpor dari Jerman. Ini menjadi bagian program "Operation Fly Formula" pemerintahan Presiden Joe Biden untuk mengatasi kelangkaan kritis susu formulai di AS.

Pengiriman susu impor gelombang pertama yang mendarat di Indianapolis ini diharapkan dapat mengatasi kelangkaan susu formula yang disebabkan penutupan pabrik susu formula terbesar di Michigan pada Februari lalu karena masalah keamanan.

Dikutip dari Al Jazeera, Senin (23/5), sekretaris Departemen Pertanian AS (USDA) mengatakan pengiriman pertama ini hanya untuk pasokan seminggu, untuk memenuhi kebutuhan 27.000 anak.

Wartawan Al Jazeera, Heidi Zhou-Castro dari Washington, DC menyampaikan 35 ton susu yang tiba di AS ini hanya sepertiga dari total impor yang akan dikirim dari Eropa.

"FDA (Badan Pengawas Obat dan Makanan AS) juga mencabut beberapa pembatasan impor untuk mempercepat (pengiriman) ini," jelasnya.

Gedung Putih mengatakan 132 palet susu formula Nestlé Health Science Alfamino Infant dan Alfamino Junior telah diterbangkan dari Pangkalan Udara Ramnstein di Jerman menuju AS.

Sebanyak 114 palet susu formula Gerber Good Start Extensive HA diperkirakan tiba di AS dalam beberapa mendatang. Secara keseluruhan, sekitar 1,5 juta botol tiga susu formula yang hipoalergenik untuk anak-anak yang alergi protein susu sapi diperkirakan tiba pekan ini.

Indianapolis dipilih karena menjadi pusat distribusi Nestle. Susu formula ini akan diangkut ke pusat distribusi Nestle untuk pengecekan kualitas sebelum disalurkan ke rumah sakit, apotek, dan kantor praktik dokter.

Baca juga:
Korea Utara Abaikan Tawaran Bantuan dan Vaksin Covid dari AS
Joe Biden: Semua Orang Harus Khawatir dengan Wabah Cacar Monyet
Aksi Pria AS Kenakan Pakaian Berisi Sampah Sehari-hari
Pemulihan Ekonomi RI Terancam Geopolitik dan Pengetatan Kebijakan Moneter AS
Kritik Rusia, Eks Presiden AS George W Bush Keceplosan Sebut Invasi ke Irak Brutal

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini