Aktivis Myanmar Lakukan Serangan Senyap Peringati Setahun Kudeta Militer

Selasa, 1 Februari 2022 18:00 Reporter : Hari Ariyanti
Aktivis Myanmar Lakukan Serangan Senyap Peringati Setahun Kudeta Militer Aksi senyap pendemo Myanmar. ©AFPTV/AFP

Merdeka.com - Jalan-jalan di kota komersial Yangon, Myanmar sibuk pada Selasa pagi, seperti disampaikan koresponden AFP, ketika para penduduk bergegas melakukan tugas dan bertemu kawan-kawan menjelang "serangan senyap" sebagai bentuk protes anti kudeta yang dimulai sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Serangan senyap ini dilakukan bertepatan dengan peringatan satu tahun kudeta militer pada 1 Februari.

Serangan yang sama pernah dilakukan pada Desember lalu, di mana warga mengosongkan jalan-jalan di kota-kota dan daerah seluruh negeri.

Pada Selasa (1/2) pagi, seperti dikutip dari France 24, foto-foto yang dirilis media lokal menunjukkan belasan demonstran muda berkumpul di Yangon, membentangkan spanduk pro demokrasi dan menyalakan obor.

Menjelang peringatan kudeta, junta mengancam untuk menyita toko-toko yang tutup dan memperingatkan demo yang lantang atau berbagi "propaganda" anti militer terancam dikenakan dakwaan terorisme atau makar.

Dalam pernyataannya yang diterbitkan pada Selasa, kepala junta Min Aung Hlaing mengulang kembali klaim militer yang mengatakan terpaksa merebut kekuasaan karena kecurangan pemilu 2020 yang dimenangkan partai Aung San Suu Kyi, NLD (Liga Nasional untuk Demokrasi).

Min Aung Hlaing mengatakan pihaknya akan menggelar pemungutan suara "bebas dan adil" pada Agustus 2023 jika negara kembali stabil, seperti disampaikan kepada koran pemerintah, Global New Light of Myanmar.

Pada Senin, anggota parlemen Myanmar yang digulingkan dari Pemerintah Persatuan Nasional (NUG) atau pemerintah bayangan menggelar konferensi pers di Paris.

Juru bicara HAM NUG, Aung Myo Min mendesak komunitas internasional menjatuhkan embargo senjata dan sanksi ekonomi yang lebih tegas untuk rezim militer Myanmar. [pan]

Baca juga:
Sejak Kudeta Setahun Lalu Penyelundupan Narkoba Meningkat di Myanmar
Setahun Kudeta Militer Myanmar, Kronologi Peristiwa Penuh Kekejaman
Tiga Negara Barat Jatuhkan Sanksi untuk Pejabat Penegak Hukum Myanmar
Cerita Mereka yang Memilih Jalan Kekerasan Melawan Junta karena Sirnanya Harapan
Myanmar, Lingkaran Kekacauan yang Kian Terlupakan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini