4 Negara Ini Gaji Para Pengangguran Tiap Bulan

Jumat, 15 Februari 2019 06:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
4 Negara Ini Gaji Para Pengangguran Tiap Bulan Pengangguran mencari kerja di Job for Career 2015. ©2015 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pengangguran-pengangguran di beberapa negara justru digaji. Padahal mereka tak melakukan pekerjaan. Meskipun begitu, tak mudah untuk bisa mendapatkan gaji bagi pengangguran. Ada banyak syarat yang harus dipenuhi, seperti mendaftar sebagai pengangguran.

Pengangguran yang dimaksud bukanlah pengangguran pemalas. Pengangguran yang bisa mendapat gaji adalah pengangguran yang sedang mencari pekerjaan. Kemudian diperkuat dengan adanya surat keretangan bahwa ia diberhentikan dari pekerjaan karena alasan tertentu.

Berikut negara-negara yang memberi gaji pada pengangguran setiap bulannya:

1 dari 4 halaman

Finlandia

Finlandia. ©Shutterstock

Finlandia tercatat memberikan gaji para pengangguran sebesar USD 600 per bulan atau Rp 8,4 juta (USD 1 = Rp 14.088) tanpa syarat. Dilansir dari World Economic Forum, pemerintahan Finlandia melakukan eksperimen ini demi harapan memberikan insentif agar mereka mau bekerja.

Finlandia menjadi negara Eropa pertama yang menerapkan program semacam ini. Program ini dijalankan oleh badan pemerintah, Institusi Jaminan Sosial (Kela). Mereka memilih para pengangguran secara acak untuk mendapat bantuan.

2 dari 4 halaman

Arab Saudi

Wanita Arab rayakan Hari Perempuan Internasional. ©2018 REUTERS/Faisal Al Nasser

Sebagai negara kaya minyak, Arab Saudi juga menggaji dan memberikan beberapa fasilitas untuk pengangguran. Saudi memberikan perawatan dan medis gratis bagi pengangguran. Negara ini juga menggaji pengangguran dengan upah sebesar 2.000 riyal (Rp 7,5 juta) hanya selama 12 bulan untuk warga yang menganggur dari usia 18–35 tahun

Uang untuk memberikan upah ini bukan bersumber dari perpajakan Saudi, melainkan dari pendapatan minyak untuk mempertahankan layanan sosial dan ekonomi bagi penduduknya.

3 dari 4 halaman

Irlandia

gereja st michan di irlandia . ©istimewa

Di negara-negara Eropa rata-rata memang memberikan tunjangan bagi pengangguran. Namun, di Irlandia seorang pengangguran bisa mengklaim uang tunjangannya tanpa syarat.

Jumlah tunjangan yang diberikan mungkin dianggap tidak besar. Namun, uang tersebut bisa untuk menghidupi diri sendiri.

Per bulannya, para pengangguran akan mendapat uang tunjangan sekitar Rp 3 juta hingga Rp 12 juta. Tunjangan ini tak hanya untuk diri sendiri, bagi mereka yang punya anak, pemerintah akan menambahkan uang tunjangan hingga 2 juta.

4 dari 4 halaman

Selandia Baru

Selandia Baru. ©2014 Merdeka.com/shutterstock/Shay Yacobinski

Selandia Baru juga memberikan upah bagi orang-orang yang mencari pekerjaan atau pelatihan untuk pekerjaan. Ini adalah salah satu dari sejumlah manfaat yang dikelola oleh Work and Income, sebuah layanan dari Kementerian Pembangunan Sosial Selandia Baru.

Untuk mendapatkan keuntungan ini, seseorang harus memenuhi persyaratan dan kewajiban yang ditentukan dalam bagian 88A hingga 123D Social Security Act 1964. Ketentuan dan kewajiban ini mencakup hal-hal seperti usia, status tempat tinggal, dan ketersediaan untuk bekerja.

Jumlah yang dibayarkan tergantung pada hal-hal seperti usia, pendapatan, status perkawinan dan apakah mereka memiliki anak. Ini disesuaikan setiap tahun pada 1 April 2011. Berikut beberapa pendapatan yang diberikan:

1. USD 175,10 atau Rp 2,4 juta untuk satu orang berusia 20-24 tahun tanpa anak.
2. USD 210,13  atau Rp 2,9 juta untuk satu orang 25 tahun atau lebih
3. USD 325,98 atau Rp 4,6 juta untuk orang tua tunggal
4. USD 350,20 atau Rp 4,9 juta untuk pasangan menikah, de facto, atau serikat pekerja sipil dengan atau tanpa anak (masing-masing USD 167,83 atau Rp 2,3 juta). [has]

Baca juga:
Ketika Program Pemberian Gaji bagi Pengangguran di Finlandia Tidak Sesuai Harapan
Patut dicontoh, kunci sukses Finlandia jadi negara terbahagia di dunia
Negara-Negara Paling Bersih dari Sampah
Pengangguran Jadi Penghambat Pemanfaatan Bonus Demografi Indonesia
Pengangguran di Tangerang Masih Tinggi
Menaker Hanif Sebut Angka Pengangguran di Depok Masih Tinggi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini