BPS: Pengangguran di kota menurun, sedangkan di desa meningkat

Senin, 5 November 2018 15:21 Reporter : Anggun P. Situmorang
BPS: Pengangguran di kota menurun, sedangkan di desa meningkat Kemiskinan kota meleset. ©2013 Merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat pengangguran terbuka (TPT) di kota menurun dalam satu tahun terakhir. Tahun lalu, TPT di kota sebesar 6,79 persen, tahun ini sebesar 6,45 persen. Meski demikian, TPT desa meningkat menjadi 4,04 persen tahun ini.

Sebagai informasi, TPT adalah indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat penawaran kerja yang tidak digunakan atau tidak terserap oleh pasar kerja.

"TPT di kota turun dari 6,7 persen menjadi 6,45 persen tapi di desa naik tipis sekali dari 4,01 menjadi 4,04 persen," ujar Kepala BPS, Suhariyanto di Kan

tornya, Jakarta, Senin (5/11).

Peningkatan TPT di desa disebabkan adanya pengurangan tenaga kerja di sektor pertanian. Di sektor pertanian ada penurunan jumlah petani palawija dan karet sekitar 1,3 juta.

"Di pertanian, kalau dilacak sebetulnya di sana ada penurunan jumlah petani di palawija dan di karet, sekitar 1,3 juta. Sektor lain peternakan," jelasnya.

Suhariyanto menambahkan, dana desa memang belum memberi dampak terhadap pengurangan pengangguran. Hal tersebut karena dana desa tidak difokuskan untuk mengurangi pengangguran.

"Kalau padat karya di desa, ini kan digunakan untuk padat karya bukan pertanian. Tetapi lebih kepada pembangunan jalan, pembangunan infrastruktur jadi tidak bisa dikaitkan ke sana." [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini