CEK FAKTA: Video Helikopter Membawa Bendera China Hoaks, Simak Faktanya

Rabu, 4 Agustus 2021 16:33 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Video Helikopter Membawa Bendera China Hoaks, Simak Faktanya hoaks helikopter bawa bendera china. merdeka.com/instagram TNI AU

Merdeka.com - Beredar video yang memperlihatkan sebuah helikopter terbang membawa satu bendera berwarna merah yang diklaim sebagai bendera China.

Terdengar suara laki-laki yang merekam video tersebut mengatakan jika helikopter itu membawa bendera China.

"Ini maksudnya apa nih ada bendera China. Ada bendera China dibawa, ditarik sama helikopter. Ada bendera komunis ditarik sama helikopter," kata perekam video tersebut.

hoaks helikopter bawa bendera china
Instagram@jabarsaberhoaks

Penelusuran

Penelusuran merdeka.com, melansir dari laporan hoaks Jabar Saber Hoaks klaim sebuah helikopter tengah membawa bendera China adalah tidak benar.

Dilansir dari laman akun Instagram resmi TNI Angkatan Udara @militer.udara, pada puncak peringatan HUT ke-76 RI tanggal 17 Agustus 2021 mendatang, TNI Angkatan Udara akan mengibarkan bendera Merah Putih ukuran raksasa (20x30 Meter) menggunakan pesawat helikopter di atas langit Jakarta.

Sejak kemarin, Senin tanggal 2 Agustus 2021, sejumlah helikopter TNI AU telah melaksanakan latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor. Latihan ini akan berlangsung selama 5 hari ke depan.

Pada latihan ini, pesawat-pesawat helikopter TNI AU terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah.

Adapun helikopter yang akan turut dalam kegiatan ini adalah pesawat NAS-332 Super Skadron Udara 6 dan EC-725 Caracal Skadron Udara 8.

Kesimpulan

Video helikopter disebut membawa bendera China adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut adalah helikopter milik TNI AU sedang menjalani latihan terbang di Lanud Atang Sendjaja, Bogor.

Pesawat helikopter TNI AU itu terbang dengan membawa bendera ukuran raksasa, yang mencantumkan lambang-lambang kesatuan TNI (Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU) dengan latar kain berwarna merah.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.instagram.com/p/CSI-5qprtcc/
https://www.instagram.com/p/CSHUzSHnbsw/ [lia]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. TNI
  4. TNI AU
  5. Hoaks
  6. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini