CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Jalan Tikus Macet Karena Pemudik

Jumat, 7 Mei 2021 11:30 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Jalan Tikus Macet Karena Pemudik CEK FAKTA: Tidak Benar, Video Jalan Tikus Macet Karena Pemudik. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Sebuah video beredar di media sosial menampilkan barisan antrean pengendara motor di sebuah jalan perbukitan.

Pada video berdurasi 30 detik itu, barisan motor yang terekam diklaim sebagai kemacetan di jalan tikus yang dipadati pemudik. Berikut narasinya:

"Hati2 buat pemudik yg menggunakan motor,. jalan tikus sudah mulai macet.."

cek fakta tidak benar video jalan tikus macet karena pemudik
Facebook

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan memasukkan kata kunci "jalan tikus mulai macet pemudik" di kolom pencarian Google Search.

Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai video tersebut. Ternyata, video tersebut tidak terkait dengan mudik Idulfitri 2021.

Video serupa pernah diunggah oleh akun TikTok @arexarikristyanto9 pada 15 Maret. Video yang diunggah akun TikTok @arexarikristyanto9 terlihat lebih detail.

cek fakta tidak benar video jalan tikus macet karena pemudik

TikTok

Dalam rekaman itu, terlihat antrean motor cross di sebuah jalanan perbukitan. Video tersebut diduga merupakan kegiatan dari komunitas motor cross.

"Saking lama ny gak ada event.. bukan masalah.. macet ny tp niat bget hadiri baksosny.. alhamdullah tembus 140jt lebih..dana terkumpul.. #fyp," tulis akun TikTok @arexarikristyanto9.

Sementara itu, pemilik akun @arexarikristyanto9, Ari Kristyanto, mengatakan ia mendapatkan video itu dari temannya yang hobi mengendarai sepeda motor jenis trail.

"Itu video Trabas Ngetrail Tahun 2020 itu. Kiriman dari teman tapi saya ada di sana," ujar Ari dilansir dari kumparan, Rabu (5/5).

Hanya saja, Ari lupa lokasi pengambilan video tersebut, antara Pati atau Wonosobo, Jawa Tengah. Sebab hal itu telah lama ia lakukan. Dalam acara tersebut ia bertindak sebagai peserta. "Jangan salah paham. Itu bukan video mudik. Itu video ngetrail," tandasnya.

Ia menegaskan, video itu bukan sebuah event, melainkan acara bakti sosial. "Buat beramal, baksos," pungkasnya.

Kesimpulan

Klaim video jalan tikus dipenuhi pemudik adalah tidak benar. Faktanya, video tersebut direkam ketika acara Trabas Ngetrail pada Maret 2020 dan tidak ada kaitan dengan mudik lebaran 2021.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.tiktok.com/@arexarikristyanto9/video/6939799161076337921?lang=id-ID&is_copy_url=1&is_from_webapp=v1
https://kumparan.com/kumparannews/viral-video-jalan-tikus-dipenuhi-pemotor-karena-larangan-mudik-begini-faktanya-1vgbeCBXGvt/full [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini