CEK FAKTA: Tidak Benar Ketua KPU Minta Hormati Hasil Pemilu Meski Curang

Rabu, 8 Juli 2020 19:48 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Tidak Benar Ketua KPU Minta Hormati Hasil Pemilu Meski Curang Launching Pemilihan Serentak tahun 2020. ©2020 Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Beredar potongan berita yang mengaitkan tentang hasil pemilu. Berita tersebut berjudul "Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan".

Kemudian ditambahkan narasi sebagai berikut:

"INI NAMANYA PELECEHAN DEMOKRASI TERHADAP UUD 45 DAN PANCASILA".

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, potongan berita tersebut adalah tidak benar. Potongan berita tersebut mengarah pada judul Republika.com berjudul "Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu 2019" pada 31 Mei 2019.

"Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengimbau masyarakat untuk menghormati hasil Pemilu 2019. Semua pemimpin yang terpilih lewat pemilu perlu didukung untuk memimpin Indonesia lima tahun mendatang.

"Pemilu 2019 sudah kita laksanakan, puasa ramadhan sudah kita tunaikan. Jadi mari sama-sama kita raih kemenangan untuk semua, karena sebetulnya ini kemenangan bersama. Siapa pun yang terpilih, mereka adalah pemimpin kita, mau 01 mau 02, mau partai nomor 1, 2, 3, sampai 20," ujar Arief kepada wartawan di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (31/5).

Dia melanjutkan, suka atau tidak suka, para peserta pemilu terpilih akan memimpin Indonesia dalam lima tahun ke depan. Baik di tingkat eksekutif maupun legislatif di pusat hingga daerah telah terpilih berdasarkan suara terbanyak.

hoaks ketua kpu sebut hormati hasil pemilu meski curang

Istimewa

"Mereka yang akan memimpin kita lima tahun ke depan. Ya mari kita sama-sama jaga supaya lima tahun ke depan cita-cita bangsa ini bisa dicapai," tambah Arief."

Kesimpulan

Potongan berita berjudul "Ketua KPU Imbau Masyarakat Hormati Hasil Pemilu Walau Banyak Kecurangan" adalah tidak benar. Judul berita tersebut sudah diedit dan ditambahkan kata.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini