CEK FAKTA: Hoaks Sampul Majalah TIME Berjudul 'Time to go' dengan Siluet Trump

Selasa, 10 November 2020 13:51 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Sampul Majalah TIME Berjudul 'Time to go' dengan Siluet Trump Hoaks Sampul Majalah TIME Berjudul 'Time to go' Dengan Siluet Trump. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar gambar sampul majalan TIME berjudul "Time to go" di media sosial. Gambar sampul berwarna hitam dengan garis merah.

Dalam gambar tersebut seseorang dengan memakai setelan jas hitam dan berambut pirang, ia tampak keluar dari sebuah ruangan. Kemudian dikaitkan dengan kekalahan Donald Trump di Pemilu Amerika Serikat.

hoaks sampul majalah time berjudul 039time to go039 dengan siluet trump

Penelusuran

Hasil penelusuran sampul majalah TIME berjudul "Time to go" mengarah pada artikel berjudul "Fact Check: Fake 'TIME...to go' Cover Featuring Donald Trump Goes Viral" yang dimuat situs thelogicalindian.com pada 28 Mei 2020.

Dalam artikel tersebut dijelaskan bahwa majalah TIME tidak menerbitkan sampul majalah berjudul "Time to go" berwarna hitam dengan gambar siluet seorang yang diklaim Donald Trump.

Menurut artikel tersebut, majalah TIME biasanya mengumumkan peluncuran terbitan beritanya secara online. Namun untuk gambar sampul yang viral tersebut, tidak ditemukan di situs resmi majalah TIME.

The Logical Indian juga menyebutkan gambar dalam sampul majalan TIME tersebut adalah hasil rekayasa. Pertama tidak ada tanggal terbitan di pojok kanan atas. Kedua tidak ada stempel TIME.com di pojok kanan bawah.

Kemudian majalah TIME menampilkan Donald Trump dalam edisi Mei tetapi terlihat sangat berbeda dari gambar sampul yang viral.

Penelusuran juga dilakukan dengan mengecek gambar sampul tersebut ke situs resmi majalah TIME, time.com. Hasilnya tidak ada sampul serupa yang diunggah majalah TIME.

hoaks sampul majalah time berjudul 039time to go039 dengan siluet trump

Kesimpulan

Sampul majalah TIME berjudul 'TIME to go' adalah tidak benar atau hoaks. Faktanya, dalam situs resmi majalah TIME, tidak ada sampul seperti judul dalam klaim tersebut.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini