CEK FAKTA: Hoaks Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata Bisa Mengurangi Minus

Rabu, 13 Oktober 2021 15:30 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Hoaks Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata Bisa Mengurangi Minus Ilustrasi jeruk nipis. ©Shutterstock/Susan Fox

Merdeka.com - Sebuah video menampilkan seseorang meneteskan air jeruk nipis ke mata. Seseorang dalam video menyebut cara itu untuk mengurangi mata minus, sekaligus membuat mata sehat dan kembali jernih.

hoaks air jeruk nipis bisa mengurangi mata minus
Kominfo

"Rekan-rekan, ini lemon ikan yang sering kita pakai untuk masakan, termasuk jeruk nipis, tapi ini adalah obat. Obat mata yang sangat mujarab. Untuk diteteskan di mata agar supaya matanya tetap terang, sehat, dan dijamin dia tidak akan menggunakan kacamata lagi," kata orang tersebut.

Penelusuran

Cek fakta merdeka.com menelusuri informasi tersebut. Hasilnya, informasi dalam video tersebut adalah hoaks.

Dalam artikel kompas.com berjudul "[HOAKS] Meneteskan Air Jeruk Nipis ke Mata untuk Mengurangi Minus" pada 11 Oktober 2021, dijelaskan bahwa cara tersebut malah membuat mata menjadi iritasi.

"Enggak betul kalau ditetes di mata kita, yang ada bisa bikin iritasi mata," kata Ketua Kelompok Staf Medis Vitreoretina Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, dr.Grimaldi Ihsan,SpM(K).

Ia mengingatkan, tindakan tersebut juga berpotensi menimbulkan infeksi jika air jeruk nipis yang diteteskan ke mata tidak bersih atau terkontaminasi.

"Bahkan kalau tidak bersih bisa berpotensi infeksi," ujar dia.

Kesimpulan

Informasi meneteskan air jeruk nipis bisa mengurangi minus mata adalah hoaks. Cara tersebut justru bisa mengakibatkan iritasi mata.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini