CEK FAKTA: Hoaks Kamar Wisma Atlet Penuh

Kamis, 10 September 2020 10:21 Reporter : Nur Habibie
CEK FAKTA: Hoaks Kamar Wisma Atlet Penuh Hoaks Kamar Wisma Atlet Penuh. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Foto penampakan sebuah gedung yang disebut-sebut Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat beredar di media sosial Twitter. Dalam foto tersebut terlihat sejumlah gedung dengan hampir semua ruangan diterangi nyala lampu.

"Hotel full booked/apartment full tenants?
Bukan, ini RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran yang lampu kamarnya menyala karena terisi semua."

Penelusuran

Dengan adanya kabar itu, merdeka.com langsung mengkonfirmasi kepada Perwira Penerangan Kogabwilhan-I, Kolonel Marinir Aris Mudian yang selalu memberikan data pasien dan bertugas di sana. Ia pun membantah, jika kamar di Wisma Atlet tersebut sudah terisi penuh semua.

"(Kamar Wisma Atlet penuh) Enggak itu, tapi gini kita tuh pada prinsipnya kalau hanya berita-berita di medsos yang mana itu kita tidak bisa menjawab. Kalau mau tahu langsung jawab kepada yang memberikan informasi, tapi kalau dengan data Wisma Atlet yang kita kirim nah itu bisa digunakan sebagai bahan referensi," kata Aris saat dihubungi merdeka.com, Jakarta, Kamis (10/9).

Dia memastikan jika kabar yang beredar di media sosial itu tidaklah benar. Karena, di Wisma Atlet tersebut bisa menampung sebanyak 4.500-an orang. Sedangkan, untuk pasien Covid-19 yang terdaftar hanya mencapai 1.600-an pasien.

"(Enggak bener yang di medsos) Nah iya, dia kan enggak mengurus di situ. Kita kan yang mendapatkan informasi dari pelaksananya dari Kodam Jaya, sementara datanya kan sekarang aja 1.637 ada penambahan memang 76 dari yang kemarin, itu saja dulu patokan kita. Kalau yang di medsos yang lain-lain, semua kan bisa beri informasi," ujarnya.

"(Kamar di Wisma Atlet) Loh masih (kosong), kan satu menara itu sejak awal konsep itu dibuat bisa menampung lebih kurang 4.500-an," sambungnya.

Aris menegaskan, sampai saat ini masih ada kamar yang kosong di Wisma Atlet Kemayoran. Terlebih, setiap harinya selalu ada pasien Covid-19 yang keluar yang dinyatakan sembuh.

"Masih (banyak kamar kosong), apalagi mereka kan silih berganti kan keluar-masuk. Iya (hoaks) enggak usah terlalu ditanggapi, nanti menimbulkan keresahan-keresahan baru. Saya rasa kita berharap enggak ada penambahan-penambahan lagi lah. Kembali lagi kepada kedisiplinan masyarakat," tegasnya.

Dia meminta agar masyarakat tetap selalu mematuhi protokol kesehatan yang sudah ada seperti memakai masker dan menjaga jarak antara orang satu dengan yang lainnya.

"Kita sudah sering sampaikan kepada masyarakat patuhi tetap protokol disiplin diberikan, pakai masker, lalu menjaga jarak, hindari kerumunan massa, cuci tangan, istirahat yang cukup atau pun jaga kesehatan, olahraga, itu semua sudah disampaikan," tutupnya.

Kesimpulan

Informasi Wisma Atlet Kemayoran sudah penuh adalah hoaks. Wisma Atlet dibangun untuk menampung sebanyak 4.500-an orang. Sedangkan, untuk pasien Covid-19 yang terdaftar hanya mencapai 1.600-an pasien.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini