CEK FAKTA: Hoaks Cover Majalah Tempo Berjudul Sang Dalang Perusak Bhinneka

Kamis, 10 Desember 2020 16:59 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Cover Majalah Tempo Berjudul Sang Dalang Perusak Bhinneka Hoaks Cover Majalah Tempo Berjudul Sang Dalang Perusak Bhinneka. Tempo.co

Merdeka.com - Beredar cover majalah Tempo berjudul "SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA" di media sosial. Terlihat di bagian bawah cover tersebut tertulis keterangan edisi 7-13 Desember 2020.

Dalam cover memuat gambar karikatur mirip mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Penyidik senior KPK Novel Baswedan, dan Rizieq Shihab.

Cover tersebut berisi keterangan sebagai berikut:

MARAKNYA IDEOLOGI PRO KHILAFAH DI KALANGAN BIROKRASI / BERANIKAH POLRI TANGKAP RIZIEQ SHIHAB?

SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA

REKAMAN SUARA DANNY POMANTO MEMBONGKAR KETERLIBATAN JUSUF KALLA DALAM STRATEGI MENJATUHKAN WIBAWA PEMERINTAH INDONESIA DAN MENGAMANKAN JARINGAN BISNIS KELUARGA. GERINDRA DISUSUPI "HMI CONNECTION” YANG PRO HABIB RIZIEQ".

Penelusuran

Hasil penelusuran, pemimpin Redaksi Majalah Tempo Wahyu Dhyatmika membantah bahwa cover dengan judul tersebut pernah diterbitkan oleh Majalah Tempo.

hoaks cover majalah tempo berjudul sang dalang perusak bhinneka
Tempo.co

"Ini saya pastikan hoaks. Tempo tidak pernah menerbitkan cover itu," kata Wahyu dilansir dari Tempo.co pada 9 Desember 2020.

Sementara itu di situs Majalah Tempo, majalah.tempo.co, diketahui bahwa Majalah Tempo edisi 7-13 Desember 2020 yang terbit pada 5 Desember berjudul "Outlook Ekonomi 2021: Saatnya Berubah" dengan ilustrasi tiga kera dan tiga pria.

hoaks cover majalah tempo berjudul sang dalang perusak bhinneka
@Majalah Tempo

Kesimpulan

Cover majalah Tempo berjudul "SANG DALANG PERUSAK BHINNEKA" adalah tidak benar. Pemimpin Redaksi Majalah Tempo Wahyu Dhyatmika membantah bahwa cover dengan judul tersebut pernah diterbitkan oleh Majalah Tempo.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Cek Fakta
  3. Tempo
  4. Ragam Konten
  5. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini