CEK FAKTA: Hoaks Cover Majalah Tempo Bergambar Jokowi Ditenggelamkan

Rabu, 21 April 2021 12:20 Reporter : Syifa Hanifah
CEK FAKTA: Hoaks Cover Majalah Tempo Bergambar Jokowi Ditenggelamkan Hoaks Cover Majalah Tempo Bergambar Jokowi Ditenggelamkan. ©2021 Liputan6.com

Merdeka.com - Beredar foto cover Majalah Tempo bergambar kepala Presiden Jokowi di media sosial. Foto tersebut diunggah oleh akun Facebook Rahmi Siregar.

Dalam cover tersebut, terdapat keterangan edisi 29 Oktober 2020. cover tersebut memperlihatkan ilustrasi Presiden Jokowi yang sedang ditenggelamkan. Lebih lanjut, narasi dalam cover itu sebagai berikut:

"JIKA TIDAK MAMPU JANGAN MEMAKSA. DIDARAT BUKAN HABITATMU PAK, TENGGELAM SAJA SEPERTI SEMULA.

HIDUP TAK SE*NJING ERA MU PAK !!"

hoaks cover majalah tempo bergambar jokowi ditenggelamkan

Penelusuran

Penelusuran dilakukan dengan mengunjungi situs Majalah Tempo, majalah.tempo.co. Kemudian mencari sampul dengan memilih bulan Oktober 2020.

Hasilnya, tidak ditemukan Majalah Tempo edisi 29 Oktober 2020. Pada Oktober 2020, majalah Tempo merilis 5 edisi, yakni edisi 3, 10, 17, 24, dan 31 Oktober 2020, dari kelima edisi tersebut tidak terdapat sampul bergambar Jokowi.

hoaks cover majalah tempo bergambar jokowi ditenggelamkan
©Majalah Tempo

Lebih lanjut, ditemukan edisi 29 Oktober 2020 di koran Tempo. Dalam sampul depan koran Tempo juga tidak bergambar Jokowi ditenggelamkan ataupun membahas mengenai Presiden Jokowi.

hoaks cover majalah tempo bergambar jokowi ditenggelamkan
©Koran Tempo

Adapun gambar sampul depan koran tersebut memperlihatkan pria mengenakan pakaian safari dengan membawa teropong, dengan narasi sebagai berikut:

"Pamer Si Komo ke Tamu Asing
Pemerintah pusat dan daerah menargetkan pembangunan aneka fasilitas wisata premium di sekitar Labuan Baji dan Taman Nasional Komodo rampung pada Juni tahun depan. Agar bisa pamer di komo kepada pemimpin sejumlah negara yang bakal menghadiri pertemuan tingkat tinggi pada 2023".

Kesimpulan

Cover Majalah Tempo yang memperlihatkan ilustrasi Presiden Jokowi yang sedang ditenggelamkan adalah hoaks dan hasil manipulasi. Faktanya, tidak ditemukan Majalah Tempo edisi 29 Oktober 2020.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://majalah.tempo.co/search?date=2020-10
https://koran.tempo.co/read/cover-story/459291/pamer-si-komo-ke-tamu-asing [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini