CEK FAKTA: Bolehkah Uang Koin Rp1.000 Kembali Dijual Seharga Belasan Juta?

Senin, 22 Juni 2020 14:36 Reporter : Fellyanda Suci Agiesta
CEK FAKTA: Bolehkah Uang Koin Rp1.000 Kembali Dijual Seharga Belasan Juta? Ilustrasi uang koin. ©2012 Shutterstock/Rustam Shigapov

Merdeka.com - Harga penjualan uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit beredar di media sosial dan situs belanja online. Harga yang dicantum bahkan mencapai belasan juta rupiah. Namun ada pula penjual yang menawarkan harga Rp5.000 hingga Rp 10.000 perkepingnya. Informasi tersebut sudah beredar sejak tahun lalu.

harga uang koin rp1000
Istimewa

Penelusuran

Menurut penelusuran merdeka.com, hingga saat ini uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit masih berlaku sebagai alat pembayaran. Dalam artikel Kompas.com berjudul "Viral Koin Rp 1.000 Kelapa Sawit Dibanderol Rp 100 Juta, Ini Kata Bank Indonesia" pada 20 Juni 2020, dijelaskan bahwa uang koin tersebut masih menjadi alat pembayaran yang sah

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Onny Widjanarko mengatakan, uang logam pecahan Rp 1.000 tahun emisi 1993 itu masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah karena belum dicabut dan ditarik dari peredaran.
Sebagai alat pembayaran yang sah, nilai tukar uang koin bergambar kelapa sawit itu sama dengan nominalnya, yaitu Rp 1.000.

"Terkait dengan uang logam Rp 1000 gambar kelapa sawit, kami sampaikan bahwa sebagai alat pembayaran yang sah untuk bertansaksi, nilai tukar uang logam dimaksud sama dengan nilai nominalnya yaitu Rp 1.000," kata Onny kepada Kompas.com, Jumat (19/6/2020).

Onny menuturkan, jika ada masyarakat yang akan mengoleksi koin tersebut, biasanya nilai jual bergantung pada kesepakatan antara penjual dan si pembeli koin.

"Jika ada masyarakat yang akan mengkoleksi (bukan transaksi) layaknya koleksi numimastic/koleksi uang-uang kuno, biasanya harganya tergantung kesepakatan antara pembeli dan penjual," sebut Onny.

Kolektor uang lama atau numismatik kolektor, Nazym Otie Kusardi, mengatakan, harga yang dibanderol itu tak wajar.

Bahkan, ia menyebut penjual uang logam itu memasang harga asal-asalan. Menurut Nazym, uang koin kelapa sawit rata-rata dijual dengan kisaran harga Rp 3.000 sampai Rp 10.000 per keping.

Kecuali, kata dia, jika uang itu memiliki kekhususan lain seperti uang cetakan khusus atau proof. Menurut dia, uang logam proof Rp 1.000 bisa dijual hingga Rp 4 juta, tergantung dari kondisi uang tersebut.

"Itu orang jual ngawur saja. Masih banyak yang jual dengan harga Rp 3.000 sampai Rp 10.000 per keping," kata Nazym, Kamis (18/6/2020).

Kesimpulan

Hingga saat ini, uang koin Rp1.000 bergambar kelapa sawit masih menjadi alat pembayaran yang sah. Jika uang koin tersebut ingin dijual kembali, maka harga belasan hingga puluhan juta adalah tidak wajar.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini