Berita hoaks, PM Justin Trudeau dikabarkan masuk Islam

Senin, 10 September 2018 18:12 Reporter : Pandasurya Wijaya
Berita hoaks, PM Justin Trudeau dikabarkan masuk Islam foto hoaks trudeau. ©Twitter

Merdeka.com - Sebuah foto Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang sudah diubah dan diberi keterangan di luar konteks menyebar luas di media sosial berikut kutipan yang menjelaskan dia sudah masuk Islam.

Foto sebenarnya dari Trudeu itu diambil pada kegiatan Halloween 2016.

"Setelah bertemu dengan ribuan pengungsi Suriah dan belajar tentang keyakinan mereka, saya belajar mencintai Islam. Islam menganjurkan perdamaian dan lebih memberi kedamaian dibanding Kristen. Islam adalah agama yang sesuai identitas saya."

Kutipan di foto itu dikatakan berasal dari Trudeau dan sudah dibagikan ribuan kali di media sosial sejak 29 Agustus. Di foto itu Trudeau tampak memakai semacam kafiyeh.

Foto pertama dan teks itu pertama kali muncul di laman Facebook 'Justin Trudeau Not' pada 29 Agustus. Kemudian menyebar ke Twitter keesokan harinya dan disebarluaskan beberapa pekan berikutnya.

Kutipan di foto itu tampaknya berasal dari artikel 28 Agustus 2016 di Vatican Enquirer, situs berita yang mengklaim 'mengambil sejumlah tajuk utama berbagai media di dunia yang bersifat satir'. Namun kebanyakn artikel di situs itu tidak memperlihatkan nada satir dan penafian tidak disebutkan di halaman depan yang membuat banyak orang menyebarkan berita ini sebagai berita benar. Menurut pemantau media sosial Crowdtangle, artikel ini disebarkan hampir 8.000 kali di media sosial.

Dalam artikel itu dikatakan kutipan Trudeau itu berasal dari Global Sun, situs berita yang kini sudah tidak ada.

Trudeau dikatakan mengumumkan dirinya masuk Islam pada 26 Agustus 2016. Menurut laporan resmi kantor perdana menteri, Trudeau di hari itu sedang berada di Kota Saguenay, Provinsi Quebec, dalam acara Kaukus Nasional Partai Liberal.

Dia memang menggelar konferensi pers pada saat itu tapi sama sekali tidak menyebut soal Islam. Di hari itu juga kemudian ada video dirilis memperlihatkan Trudeau menghadiri acara Muslim Fest, agenda tahunan dua hari di Mississauuga, Ontario yang menghadirkan seniman muslim, musisi, dan komedian. Dalam kesempatan itu Trudeau juga tidak mengucapkan kata-kata seperti kutipan yang di foto.

foto asli trudeau ©Twitter



Foto Trudeau yang menyebar luas itu sebetulnya diambil pada 31 Oktober 2016 ketika dia sedang merayakan Halloween bersama putranya. Pada waktu itu anaknya memakai baju seperti tokoh fiksi dalam novel The Little Prince, dan Trudeau memakai pakaian seperti pilot pesawat di novel itu.

Jadi berita Trudeau masuk Islam itu adalah hoaks alias tidak benar. [pan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini