10 Jenis fobia yang paling umum

    Reporter : Rizqi Adnamazida | Jumat, 24 Agustus 2012 22:12




    10 Jenis fobia yang paling umum
    Ilustrasi fobia. ©2012 Shutterstock/Piotr Marcinski

    Merdeka.com - Apakah Anda takut dengan ruangan gelap? Atau serangga dengan antena yang panjang? Tenang, Anda bukan satu-satunya orang yang mengalaminya. Ketakutan tertentu tersebut merupakan fobia yang sebenarnya bisa disembuhkan. Yuk simak berbagai jenis fobia yang paling umum seperti yang dilansir dari Health Me Up (24/08) ini.

    Arachnophobia
    Jenis fobia pertama adalah ketakutan terhadap laba-laba. Ada berbagai gejala yang dialami ketika penderita arachnophobia melihat laba-laba. Misalnya berteriak, menangis, berkeringat dingin, sampai susah bernapas.

    Ophidiophobia
    Ophidiophobia merupakan fobia terhadap ular. Ketika ada ular, penderita fobia ini bisa saja pingsan, kehilangan kontrol, cemas, takut terus-menerus, dan lari terbirit-birit. Cemas dan takut tersebut bahkan bisa memicu serangan panik.

    Acrophobia
    Takut ketinggian? Istilahnya adalah acrophobia. Wanita lebih cenderung menderita fobia yang satu ini daripada pria. Ketakutan terhadap tempat tinggi pun biasanya menyebabkan rasa cemas berlebihan.

    Agoraphobia
    Fobia yang satu ini cukup unik, yaitu takut akan tempat yang sulit untuk keluar dari situasi tertentu. Misalnya saja tempat ibadah, pusat perbelanjaan yang ramai, bahkan di rumah sendiri. Agoraphobia muncul dari kebiasaan mengurung diri sehingga cemas jika harus pergi ke suatu tempat.

    Cynophobia
    Fobia terhadap hewan lainnya adalah cynophobia, yaitu ketakutan terhadap anjing. Beberapa orang hanya takut pada jenis anjing tertentu. Penderita cynophobia pun sering merasa diteror, suka sembunyi, berlari, dan menangis saat bertemu anjing.

    Astraphobia
    Ketakutan terhadap petir disebut dengan astraphobia. Gejalanya antara lain adalah menangis, berkeringat, panik, ingin ke kamar mandi, dan mual. Penderita astraphobia sering menutup telinga saat ada petir atau berlindung di bawah selimut di atas tempat tidur.

    Trypanophobia
    Anak kecil sudah biasa jika takut disuntik. Namun ketika ketakutan itu terus berlanjut hingga dewasa, berarti Anda menderita trypanophobia. Fobia ini memiliki gejala panik, jantung berdegup kencang, gemetaran, dan berusaha keras menjauhi jarum suntik.

    Social phobia
    Kalau Anda melihat seseorang terlalu malu, selalu menghindari pertemuan dan sosialisasi atau bicara di depan umum, bisa jadi ia menderita social phobia.

    Pteromerhanophobia
    Fobia terakhir yang paling sering ditemukan adalah ketakutan untuk terbang. Penyebab fobia ini bisa jadi adalah kecelakaan yang pernah dialami di masa lalu.

    Nah, itulah berbagai fobia yang paling umum. Apakah Anda juga termasuk orang yang takut akan hal-hal tertentu seperti yang disebutkan di atas?

    [riz]
    Suka artikel ini ?
    Kunjungi portal hao123 untuk akses internet aman dan nyaman



    Komentar Anda


    Be Smart, Read More
    Back to the top
    Today #mTAG
    LATEST UPDATE
  • Lima guru ini nyambi jadi penjahat internasional
  • Ini tips membeli mobil bekas biar tak dikibuli showroom
  • Lucu-lucu perusahaan pemenang tender UPS senilai miliaran
  • Ilmu 'gotak gatik gatuk' Amien Rais soal jabatan teras PAN
  • Jaringan pemain mobil bodong
  • Benarkah tudingan Fitra, Mega di balik kriminalisasi pimpinan KPK?
  • Mengintip kesuksesan strategi bisnis orang kaya dunia
  • Amien sebut 3 pendukung Hatta tidak bisa dimaafkan
  • Amien Rais: Saya seperti nunggu pasien, salah-salah bisa mati
  • Permukiman padat Petak Sembilan terbakar, 24 damkar dikerahkan
  • SHOW MORE