Merdeka.com tersedia di Google Play


3 Pertanyaan wajib untuk calon karyawan

Reporter : Kun Sila Ananda | Sabtu, 25 Agustus 2012 11:08


3 Pertanyaan wajib untuk calon karyawan
ilustrasi wawancara kerja. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Mewawancarai calon karyawan bukan pekerjaan yang mudah. Ditambah lagi dengan banyaknya tips yang diberikan bagi para calon karyawan untuk menjawab pertanyaan wawancara. Memilih calon karyawan yang benar-benar berkualitas menjadi hal yang sulit. Namun John Younger, CEO Accolo, melalui Inc.com berpendapat bahwa pewawancara cukup menanyakan tiga pertanyaan yang mampu membeberkan banyak hal tentang calon karyawan. Berikut adalah tiga pertanyaan yang harus ditanyakan.

1. Dari mana dia tahu tentang lowongan pekerjaan
Biasanya calon karyawan akan menjawab koran, lowongan online, job fair, dan lain sebagainya. Tentu tak ada jawaban yang salah dari pilihan jawaban yang ada. Namun, pewawancara kerja perlu memperhatikan ini. Jika mereka hanya mengetahui lowongan tersebut dari pengumuman yang tidak menjelaskan detail pekerjaan. Maka kemungkinan calon karyawan tersebut tidak tahu pekerjaan seperti apa yang akan mereka kerjakan. Dengan kata lain, mereka hanya melamar kerja. Mereka hanya menginginkan kerja. Mungkin sementara mereka menunggu pekerjaan lain yang lebih baik. Ini menunjukkan bahwa sebenarnya dia belum tentu berminat dengan bidang pekerjaan atau perusahaan. Dia hanya berminat pada pekerjaan.

2. Alasan dia melamar kerja
Tanyakan apa yang dia sukai dari pekerjaan yang dilamar. Apakah pekerjaan tersebut sesuai dengan bidang minatnya, dan apakah yang mereka harapkan dengan melakukan pekerjaan ini. Calon karyawan harus memberikan alasan yang lebih spesifik daripada sekedar "kesempatan belajar mengenai industri," "mengembangkan kemampuan," atau "meningkatkan karir."

Calon karyawan yang baik tak akan bekerja karena alasan uang semata. Mereka bekerja karena menghargai kemampuan mereka dan menikmati apa yang mereka kerjakan. Ini berarti mereka memahami lingkungan kerja mereka yang baru dan mengenali motivasi serta tantangan yang akan mereka hadapi.

3. Alasan meninggalkan perusahaan yang lama
Biasanya calon karyawan meninggalkan pekerjaan karena ingin gaji yang lebih tinggi, atau karena tidak cocok dengan lingkungan perusahaan mereka yang lama. Apapun itu, jangan terlalu menghakimi. Pertanyaan ini bagus untuk menggali kualitas mereka dalam kerja tim dan tanggung jawab. Dari pertanyaan ini, Anda juga bisa mengetahui mana calon karyawan yang terlalu fokus pada masalah dan sisi negatif pekerjaan dibandingkan dengan calon karyawan yang fokus pada penyelesaian masalah dan sisi positif dari perusahaan lamanya.

Itulah tiga pertanyaan mudah yang wajib ditanyakan pada calon karyawan. Hanya dengan pertanyaan ini, Anda bisa mengenali pribadi dan motivasi calon karyawan lebih jauh, serta mengetahui kualitas mereka sebagai karyawan.

[kun]

KUMPULAN BERITA
# Wawancara Kerja

Kirim ke teman Kirim copy ke email saya
Kirim ke

Free Content

  • URL Blog

  • Contoh : merdeka.wordpress.com

  • Email

  • Password


saya setuju menggunakan konten merdeka.com dan mengetahui bahwa merdeka.com tidak menyimpan informasi login saya


JANGAN LEWATKAN BERITA FOLLOW MERDEKA.COM
Follow tag merdeka.com akan membantu untuk mendapatkan berita yang sesuai preferensi Anda. Misal Anda suka berita Wawancara Kerja, masukkan email dan Anda hanya akan menerima berita seputar Wawancara Kerja.

Let's be smart, read the news in a new way.
Tutup





Komentar Anda


Smart people share this
Back to the top

Today #mTAG SPOTLIGHT iREPORTER TOP 10 NEWS
Most Viewed Editors' Pick Most Comments

TRENDING ON MERDEKA.COM

LATEST UPDATE
  • Caleg Hanura curhat, mengaku dicurangi rekan separtai
  • Lolos ke Senayan Nico Siahaan ingin perbanyak SMK daripada SMA
  • Hilirisasi Freeport mendapat penanganan khusus dari ESDM
  • PDIP minta Fadli Zon buat puisi pasukan nasi liwet & nasi pecel
  • Bersama KH Maimun Zubair, SDA datangi Mukernas kubu Romi
  • Aceng Fikri peringkat kedua pemilihan DPD di Garut
  • Baines: Ashley Cole bagai 'robot'
  • Genjot daya saing, SBY minta UKM belajar ke bangsa asing
  • KakaoTalk dan JKT48 kampanyekan 'Beli 1, Gratis 1'
  • Pramono Anung: Politikus tenar gagal terpilih karena lupa rakyat
  • SHOW MORE