Wishnutama Soal Sewa Influencer Asing Promosi Wisata RI: Kalau BTS Tak Mampu

Rabu, 26 Februari 2020 18:46 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Wishnutama Soal Sewa Influencer Asing Promosi Wisata RI: Kalau BTS Tak Mampu BTS. ©Allkpop

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama mengatakan, pihaknya akan menyewa influencer asing untuk mempromosikan pariwisata Indonesia yang merosot akibat virus corona. Influencer yang dilibatkan berdasarkan negara target pasar pariwisata.

"Ada Eropa, ada Australia, ada middle east (Timur Tengah), India. Masa orang Amerika promosiin buat India, kan beda lagi kan. Jadi memang seperti itu," kata Wishnutama di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (26/2).

Meski demikian, dia masih menghitung berapa besaran anggaran untuk influencer. Sambil berkelakar, dia mengaku tak mampu apabila menyewa salah satu boyband asal Korea Selatan, BTS meski telah memiliki penggemar di seantero dunia.

"Range-nya kan macam-macam. Kalau bilang BTS, ya enggak akan sanggup. Itu lebih dari 10 juta dolar kali buat mereka," tuturnya.

Dia belum mengungkapkan siapa saja influencer yang akan digandeng untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Hal itu akan dilihat berdasarkan viewers di YouTube ataupun di media sosial.

"Jadi kita cari. Misalnya si A, engagement-nya berapa, viewers nya berapa di YouTube atau Instagram. Nah dari gitu-gitu lah yang akan kita lihat. Yang paling bagus, akan kita approach," jelas Wisnutama.

Semakin tinggi tingkat interaksi influencer dengan masyarakat, maka harga untuk menyewa mereka pun akan semakin mahal. Namun, Wisnutama menuturkan yang terpenting para influencer internasional ini mau mempromosikan wisata Indonesia.

"Mereka mau apa tidak, itu harus ditanya. Mau ga promosiin Indonesia. Belum tentu mau. Kalaupun mau berapa harganya, kita harus negosiasi. Kan gitu," ucap dia.

1 dari 1 halaman

Anggaran Rp72 Miliar untuk Influencer

Pemerintah Jokowi meluncurkan sejumlah strategi untuk mengatasi dampak menyebarnya virus corona, terutama untuk mengantisipasi melemahnya industri pariwisata dan membuat stimulus agar daya beli masyarakat dapat bertahan. Pemerintah meluncurkan beberapa insentif, termasuk menyediakan anggaran untuk influencer.

"Ada anggaran promosi (pariwisata) Rp103 miliar dan juga untuk kegiatan turisme sebesar Rp25 miliar dan 'influencer' sebanyak Rp72 miliar," ungkap Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, Selasa (25/2).

Insentif lainnya yaitu untuk wisatawan mancanegara dengan alokasi tambahan sebesar Rp298,5 miliar yang terdiri dari alokasi untuk maskapai dan dan agen perjalanan diberikan diskon khusus ataupun semacam insentif totalnya Rp98,5 miliar.

Reporter: Lizsa Egeham

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Menparekraf Wishnutama: Anggaran Rp72 M Bukan Untuk Influencer Saja
Jokowi Bayar Influencer Rp72 Miliar, PKS Ingatkan Soal Transparansi
Jokowi Gaji Influencer Rp72 Miliar, Politisi PDIP Ingatkan APBN Lagi Sulit
Pemerintah Bakal Beri Diskon Tiket Pesawat Sekitar Rp700.000 bagi Turis Asing
Atasi Dampak Virus Corona, LIPI Dorong Pemerintah Sebar Travel Fair di Dunia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini