Wapres Ma'ruf: Diskon Pajak Mobil Ciptakan Multiplier Effect

Selasa, 6 April 2021 11:12 Reporter : Merdeka
Wapres Ma'ruf: Diskon Pajak Mobil Ciptakan Multiplier Effect Wapres Maruf Amin beri sambutan merdeka award 2021. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma’ruf Amin meyakini kebijakan pemberlakuan diskon PPnBM untuk mobil dengan mesin di atas 1500cc mulai April 2021, bisa memberikan multiplier effect bagi sektor usaha lainnya. Di mana, kebijakan ini untuk menstimulus pertumbuhan tingkat konsumsi masyarakat yang sangat dibutuhkan kini.

"Untuk mendorong demand dari kelas menengah sejak Maret 2021 pemerintah memberikan relaksasi pajak pembelian mobil dan rumah melalui pembebasan PPBM dengan uang muka 0 persen. Kebijakan ini telah berhasil mendorong penjualan mobil," kata Wapres dalam Forum Indonesia Bangkit Vol.1 Strategi Sektor Kesehatan Untuk Percepatan Pemulihan Ekonomi, Selasa (6/4).

Bahkan kini pemerintah memperluas relaksasi PPnBM untuk kendaraan di atas 1500 cc. Menurutnya, kebijakan ini akan memberikan efek berganda atau multiplier effect terhadap sektor-sektor usaha ikutannya, mulai dari pemasok suku cadang, ritel, pembayaran hingga industri asuransi.

Oleh karena itu, dunia usaha dapat memanfaatkan momentum pertumbuhan ini dengan sebaik-baiknya dengan memanfaatkan dorongan stimulus fiskal melalui program pemulihan ekonomi nasional (PEN).

"Serta investasi dari dunia usaha secara bersamaan akan mempercepat pemulihan ekonomi dan penyerapan tenaga kerja. Penyesuaian terhadap kondisi new normal nantinya juga akan tetap diterapkan di berbagai sektor ekonomi," katanya.

Baca Selanjutnya: Kegiatan Masyarakat Berangsur Kembali...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini