Transaksi bisnis online tahun ini bisa menembus Rp 5 triliun

Kamis, 4 Juli 2013 14:31 Reporter : Novita Intan Sari
Transaksi bisnis online tahun ini bisa menembus Rp 5 triliun Ilustrasi belanja online. ©shutterstock.com/mama_mia

Merdeka.com - Tahun ini, penetrasi penggunaan internet diyakini bakal semakin tinggi. Potensi pertumbuhan transaksi online dalam berbisnis diperkirakan mencapai 19 juta transaksi dengan nilai USD 478 juta atau Rp 5 triliun.

Angka ini naik dibanding tahun sebelumnya yang hanya 12 juta transaksi dengan nilai USD 266 juta. Pakar E-Commerce, Andi S Boediman memprediksi, tahun depan jumlah transaksi online bisa mencapai 28.648 juta dengan nilai USD 776 juta.

"Angka sebesar Rp 5 triliun itu hanya produk barang saja atau nilai transaksi barang, tidak termasuk tiket, pertunjukan dll," ujarnya saat konferensi pers RPX "Meningkatkan Penjualan dan Kepuasan Pelanggan online Shop" di Menara Cakrawala, Jakarta, Kamis (4/7).

Menurutnya, para pelaku bisnis online juga harus mempunyai perhitungan yang matang dalam menggarap potensi bisnis. Mulai dari sisi strategi marketing, kesiapan jaringan dan akses distribusi untuk menjaga kepuasan pelanggan.

Bisnis online berkembang pesat sejak 2011. Saat itu, 20 persen dari total populasi Indonesia bertransaksi di bisnis online. Setelah banyak orang mengenal konsep bisnis online, prospek bisnis ini diyakini semakin cerah di Indonesia.

"Pertumbuhan rata-rata jumlah transaksi online dari tahun 2010 hingga 2012 mencapai lebih dari 80 persen, sementara nilai transaksi meningkat empat kali lipat," jelas dia.

Mayoritas produk yang diperjualbelikan adalah fashion & clothing, produk kesehatan & kecantikan dan gadget.

Dengan demikian, diharapkan bisnis online dapat meningkat tiap bulannya baik dari segi strategis pemasaran, inovasi pelayanan, ekspansi pasar serta pentingnya kemudahan logistik dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan.

"Diharapkan tiap bulannya dapat meningkat 20 persen,"tutupnya. [noe]

Topik berita Terkait:
  1. Online Shop
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini