Tol Trans Jawa Dilengkapi 61 Rest Area

Kamis, 20 Desember 2018 16:40 Reporter : Merdeka
Tol Trans Jawa Dilengkapi 61 Rest Area tol trans jawa. ©2018 Dok : Kementerian BUMN

Merdeka.com - Jalan tol Trans Jawa mulai besok sudah tersambung dan bisa dilalui masyarakat. Jalan tol yang membentang dari Merak ke Grati, Pasuruan ini memiliki total panjang 933 kilometer (Km).

Dengan panjangnya jalan tol tersebut maka setidaknya para pengendara memerlukan cukup banyak tempat istirahat atau rest area. Lalu, berapa banyak rest area tersebut?

"Total semua ada 61 rest area yang nanti bisa digunakan masyarakat untuk istirahat. Hanya saja saat ini masih ada 18 rest area yang sedang dibangun," kata Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk Desi Arriyani di Jembatan Kalikuto, Kendal, Kamis (20/12).

Lebih penting lagi, Desi mengaku dari rest area yang tengah dibangun ini, akan mengutamakan lapak-lapak buat para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) di masing-masing wilayah. Hal itu sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mengutamakan merek lokal.

"Mudik Lebaran tahun besok semua rest area sudah bisa digunakan," tegas Desi.

Sementara itu di kesempatan terpisah, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengungkapkan masyarakat tidak harus menggunakan rest area yang berlokasi di dalam jalan tol. Pihaknya menyarankan untuk menjadikan kota-kota yang dilewati juga bisa dijadikan tempat peristirahatan.

"Jadi bisa keluar dulu misalnya di Brebes Timur dan kuliner dulu di Tegal, setelah itu bisa masuk tol lagi. Jadi kita kenalkan rest area yang seperti ini," ucap Budi.

Sebelumnya, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengumumkan, Tol Trans Jawa sudah bisa tersambung sepanjang 901,03 kilometer (Km) dari Merak hingga Gerbang Tol (GT) Grati di Pasuruan pada waktu Natal dan Tahun Baru 2019 (Nataru). Sehingga total tarif Tol Trans Jawa dari ujung ke ujung yakni Rp 575.000. Tarif ini masih sementara karena ada beberapa ruas yang masih gratis karena fungsional.

Seperti apa wujud fisik jalan tol Trans Jawa? Anda dapat menyaksikan di acara Jalan Bareng Yuk Ekspedisi Tol Trans Jawa pada 24 Desember 2018 Pukul 09.00-10.00 WIB di SCTV.

Reporter: Ilyas Istianur Praditya

Sumber: Liputan6 [bim]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini