Tips Atur Uang Agar Tetap Stabil di Tengah Ancaman Resesi

Minggu, 2 Oktober 2022 13:00 Reporter : Siti Ayu Rachma
Tips Atur Uang Agar Tetap Stabil di Tengah Ancaman Resesi Ilustrasi mengatur keuangan. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/baranq

Merdeka.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, inflasi di negara-negara maju yang sebelumnya selalu single digit atau mendekati 0 persen dalam 40 tahun terakhir, sekarang melonjak mencapai double digit. Bahkan inflasi di Turki mencapai 80,2 persen dan di Argentina mencapai 78,5 persen.

Dia menjelaskan, Inflasi yang sangat tinggi ini telah mendorong respons kebijakan moneter terutama di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara Eropa lainnya, dengan sangat agresif menaikkan suku bunga yang menyebabkan gejolak di sektor keuangan dan arus modal keluar (capital outflow) dari negara-negara emerging hingga mencapai USD9,9 miliar atau setara Rp 148,1 triliun ytd sampai dengan 22 September 2022. Hal ini menyebabkan tekanan pada nilai tukar di berbagai negara emerging.

Dengan demikian, kenaikan suku bunga untuk menekan inflasi berpotensi akan mempengaruhi kinerja ekonomi global pada tahun 2023, yaitu potensi mengalami koreksi ke bawah.

Dikutip dari akun tiktok @titikmulai, yang membagikan tipsnya kepada anda bagaimana menghadapi resesi dan apa yang harus dilakukan. Pertama yakni perbanyak dana darurat, tunda belanja barang-barang tersier apalagi kalau kalian nyicil.

Kedua kurangi pengeluaran yang gak urgent. "Selanjutnya ketiga, update cv/resume biar kita selalu siap kalau amit-amit terjadi PHK tiba-tiba," ujar akun tiktok @titikmulai, dikutip Minggu (2/10).

Keempat jika anda memiliki utang yang suku bunganya tinggi di bank sebisa mungkin coba untuk dilunasi lebih awal. Sementara yang terakhir anda bisa tetap investasi jangka panjang.

"Tenang jangan panik karena ketika market lagi lesu justru saat itulah kalian bisa dapat margin yang lebih besar ketika nanti ekonomi pulih lagi," tambahnya. [azz]

Baca juga:
Sandiaga Uno: Penguatan UMKM Bisa Atasi Resesi di Indonesia
Dunia Dibayangi Resesi Ekonomi di 2023, Bagaimana Nasib Pembangunan Ibu Kota Baru?
INFOGRAFIS: Was-Was Resesi Ekonomi 2023
Terungkap, Ini Strategi Pemerintah agar Ekonomi Tetap Tumbuh di Tengah Ancaman Resesi
Resesi Ekonomi Diyakini Tak Ganggu Target Investasi Indonesia

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini