Tahun Depan, KAI Bakal Pasang Solar Panel di 40 Bangunan

Senin, 26 September 2022 18:27 Reporter : Yunita Amalia
Tahun Depan, KAI Bakal Pasang Solar Panel di 40 Bangunan panel surya. ©REUTERS/Regis Duvignau

Merdeka.com - PT KAI Persero menargetkan memasang solar panel di 40 bangunan Jawa-Sumatera. Saat ini, solar panel telah dipasang di atap Stasiun Gambir dan Jakarta Railway Center (JRC) yang merupakan pilot project KAI.

"Pada 2023 kurang lebih (solar panel dipasang) 40 bangunan yang tersebar di seluruh Jawa dan Sumatera," kata Direktur Perencanaan Strategis dan Pengembangan Usaha PT KAI Persero, Sandry Pasambuna di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Senin (26/9).

Nilai investasi pada pemasangan solar panel di atap Stasiun Gambir dan JRC mencapai Rp500 juta. Sandry berharap, langkah KAI memasang panel surya di dua bangunan kali ini berjalan lancar. Saat ini, KAI telah memasang solar panel pada Stasiun Gambir dengan daya 40,5 kilowatt peak (kWp) dan gedung JRC dengan daya 40 kWp.

Dengan menggunakan solar panel kapasitas 40.5 kWp di Stasiun Gambir, KAI dapat menghemat penggunaan listrik hingga 6,75 persen, dengan asumsi tangkapan energi sinar matahari secara optimal harian selama 4 jam dari pukul 10.00 sampai dengan 14.00.

Sebagai gambaran, pada saat solar panel memproduksi energi listrik sebesar 40,5 kWp dapat dipergunakan untuk mengoperasikan 20 unit pendingin udara berkapasitas 2 PK secara bersamaan atau kurang lebih menyalakan 1.000 lampu LED 40 watt yang terpasang di dalam stasiun secara bersamaan.

Penggunaan energi matahari yang diimplementasikan pada Stasiun Gambir dan Jakarta Railway Center ini merupakan sistem Solar Panel On Grid yang menggabungkan suplai listrik dari jaringan listrik PLN dan jaringan listrik Solar Panel. [azz]

Baca juga:
Stasiun Gambir Dipasang Solar Panel, Bisa Hemat Listrik 7 Persen
SUN Energy Kembangkan Inovasi Teknologi Solar PV Roll Up di Kawasan Pertambangan
SUNterra Collab dengan Sungrow & Utomo SolaRUV Hadirkan Teknologi Inverter Terbesar
Schneider Electric Perkenalkan Dua Perangkat Tenaga Surya Skala Rumah Tangga
Tekan Percepatan Perubahan Iklim, Pabrik Tekstil Pasang 686 Panel Surya
Pemasangan PLTS di Sekolah untuk Media Belajar dan Pemasok Listrik

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini