Rusunara Kemenkeu di Papua Rp25 M Target Dibangun 2022

Jumat, 26 November 2021 11:22 Reporter : Anggun P. Situmorang
Rusunara Kemenkeu di Papua Rp25 M Target Dibangun 2022 Rusun Isolasi Nagrak Cilincing ditutup. ©2021 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Khalawi Abdul Hamid mengatakan, pihaknya menghabiskan anggaran Rp25 miliar membangun Rumah Susun Negara (Rusunara) Kementerian Keuangan Provinsi Papua. Ini direncanakan akan dibangun 2022 dengan Tipe 36 sebanyak 3 lantai terdiri dari 44 unit hunian dan total kapasitas 176 orang.

Selain bantuan berupa pembangunan fisik bangunan beserta utilitasnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Direktorat Jenderal Perumahan, juga akan memberikan fasilitas pendukung bangunan berupa meubelair yang terdiri dari tempat tidur susun dan lemari pakaian.

"Akan dilengkapi dengan penyambungan listrik dan sarana air bersih serta Prasarana Sarana dan Utilitas (PSU) sehingga bangunan ini siap untuk dimanfaatkan," ujar Khalawi dalam peletakan batu pertama Rusunara melalui Youtube Kemenkeu, Jayapura, Jumat (26/11).

2 dari 2 halaman

Percepat Pembangunan Infrastruktur

infrastruktur rev1

Kebijakan Pemerintah saat ini fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur, sebagai langkah yang ditempuh untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Peran Kementerian PUPR dalam membangun kualitas bangsa guna memenangkan persaingan global adalah melalui pembangunan infrastruktur untuk masyarakat di seluruh pelosok Tanah Air termasuk di Bidang Perumahan.

"Diharapkan dengan pembangunan Rumah Susun ASN Kementerian Keuangan Provinsi Papua ini dapat meningkatkan kualitas berhuni dan mendorong peningkatan kinerja para ASN dalam memberikan kontribusi positif bagi pencapaian misi Presiden untuk membangun Indonesia maju," katanya.

Kementerian PUPR sebelumnya sudah membangun Rumah Susun untuk ASN sebanyak 3.175 Unit dari Tahun 2015 – 2021 yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Saat ini sebanyak 39 Tower rumah susun yang terbangun di Provinsi Papua.

"Saya berharap rumah susun ini nantinya dapat dimanfaatkan, dipelihara, dan dikelola dengan sebaik-baiknya," tandasnya.

[bim]

Baca juga:
Kemenkeu Bangun Rusunara Rp 25,5 M di Jayapura, Fasilitas Sekelas Wisma Atlet Jakarta
Anies Harap Kampung Susun Cakung Menjadi Hunian Produktif dan Ramah Lingkungan
Lima Tahun Penantian Warga Bukit Duri Korban Penggusuran Miliki Tempat Tinggal
Anies Pastikan Pengelolaan Kampung Susun Cakung Diserahkan ke Warga
Anies Resmikan Pembangunan Kampung Cakung untuk Warga Bukit Duri Korban Gusuran
Pembangunan Tiga Rusunawa di Ibu Kota Capai 70 Persen
Gibran Akan Robohkan Rusunawa Semanggi yang Dibangun pada Era Jokowi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini