Ridwan Kamil Ingin Bangun Kedai Kopi Jabar di Prancis

Selasa, 11 Februari 2020 18:24 Reporter : Aksara Bebey
Ridwan Kamil Ingin Bangun Kedai Kopi Jabar di Prancis Ridwan Kamil. ©2018 Merdeka.com/Aksara Bebey

Merdeka.com - Hubungan diplomatik Prancis dan Indonesia memasuki usia 70 tahun tepat di 2020 ini. Momen ini dimanfaatkan Pemerintah Jawa Barat untuk membuka peluang kerjasama di berbagai sektor.

Hal ini mengemuka saat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menerima kunjungan kerja Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia (RI) untuk Prancis Arrmanatha Christiawan Nasir di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (11/2).

Ridwan Kamil mengungkapkan, peluang kerjasama dengan pemerintah Prancis dimulai dari sosial-budaya, perdagangan, hingga investasi. "Kerjasama dengan Prancis ini kita akan akselerasi," kata dia.

Saat ini, peluang terbesar adalah kerjasama untuk membangun rumah sakit. Provinsi Jawa Barat membutuhkan 23 rumah sakit baru untuk melayani masyarakat secara maksimal. Hanya saja, untuk skema bisnisnya akan ditindaklanjuti di kemudian hari.

Infrastruktur dan Transportasi

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar pun membuka peluang kerja sama dengan Prancis terkait proyek infrastruktur dan transportasi dengan mengutamakan konsep Sustainable Development Goals (SDGs).

1 dari 1 halaman

Pola Kerjasama

rev1

Pola kerjasama yang ditawarkan akan dibagi menjadi skala kecil, menengah, dan besar. Untuk skala kecil, rencananya Pemda Provinsi Jabar akan membuka kedai kopi Jabar di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel itu.

"Untuk proyek menengah yakni terkait proyek pembangunan rumah sakit. Sementara skala besar akan dijalin dalam proyek infrastruktur strategis," terang dia.

Sementara itu, Dubes RI untuk Prancis, Arrmanatha Christiawan Nasir mengaku siap mempromosikan berbagai potensi hingga peluang investasi di Indonesia khususnya wilayah Jabar. Terlebih, momen hubungan diplomatik antara kedua negara sudah terjalin hingga puluhan tahun.

"Tahun ini adalah 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Prancis sehingga kita akan buat berbagai program yang melibatkan banyak warga Prancis supaya mengenal Indonesia," kata Arrmanatha.

"Kita juga akan berupaya menjual produk- produk kreatif Jawa Barat bekerja sama dengan salah satu store di sana (Prancis)," pungkasnya. [idr]

Baca juga:
Ridwan Kamil: Pendapatan Kuntilanak di Asia Afrika Mencapai Rp5 Juta
Ridwan Kamil Sampaikan ke Prabowo, Jabar Minat Bangun Industri Drone
Bertemu Prabowo, Ridwan Kamil Minta Maaf Pernah Tak Sejalan
Sempat Berhadapan, Ridwan Kamil dan PKS Kembali Bergandeng Tangan
Emil Soal Wacana Pemulangan WNI Bergabung ISIS: Asal Insyaf
Jokowi Minta Ridwan Kamil Tentukan Lokasi Relokasi Warga Korban Longsor Sukajaya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini