Rencana PNS Kerja di Mana Saja Dikhawatirkan Ganggu Pelayanan Publik

Kamis, 12 Mei 2022 13:13 Reporter : Sulaeman
Rencana PNS Kerja di Mana Saja Dikhawatirkan Ganggu Pelayanan Publik PNS. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah tengah merancang sistem kerja baru bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN) termasuk Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nantinya, PNS bukan lagi bisa bekerja dari rumah atau yang selama ini dikenal dengan Work From Home (WFH), tetapi bisa bekerja dari mana saja atau Work from Anywhere (WFA).

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta, Diana Dewi khawatir penerapan sistem kerja WFA bagi para PNS akan mengganggu pelayanan publik. Sehingga, akan mengurangi produktivitas dunia usaha.

"Apabila dari lembaga lembaga/instansi pemerintah yang melakukan (WFA) dan merupakan pelayanan publik, jangan sampai mengganggu aktivitas dari pengusaha pengusaha swasta yang mengakibatkan produktivitas perusahaan-perusahaan swasta terganggu," kata Dewi kepada Merdeka.com, Kamis (12/5).

Maka dari itu, Dewi meminta rencana penerapan sistem kerja WFA dapat dikaji secara mendalam. Dengan begitu, penerapan sistem kerja bisa dari mana saja ini dipastikan tidak menghambat pelayanan publik.

"Pelayanan harus tetap jalan, karena biasanya apabila ada WFH maka menjadi alasan dalam pelaksanaan pelayanan kepada publik," tutup Dewi.

Sebelumnya, Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama menjelaskan, maksud dari sistrem kerja WFA atau work from anywhere ini yaitu PNS dapat bekerja secara fleksibel dari mana saja dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya ialah meningkatkan kinerja dan kepuasan PNS dalam bekerja, sekaligus meningkatkan efektifitas dan efisiensi birokrasi pemerintahan.

Dalam konsep Work from Anywhere ini, yang penting kinerja dan target para ASN atau PNS tersebut tercapai. Hal tersebut sebagaimana telah tertuang dalam Peraturan Menteri PAN-RB Nomor 8 Tahun 2021 tentang Sistem Manajemen Kinerja Pegawai Negeri Sipil.

"Namun halnya, bagi unit kerja yang bersinggungan langsung dengan pelayanan publik, dan yang tugas dan fungsinya menuntut kehadiran di kantor, tetap WFO," kata dia kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (11/5).

Satya menjelaskan, sebenarnya sistem kerja WFO-WFH pada saat pandemi untuk ASN selama ini sudah berjalan dengan baik. Namun untuk sistem kerja WFA masih tetap butuh kajian lebih lanjut. [azz]

Baca juga:
Tak Masuk Bertahun-tahun, ASN di Pemkot Jayapura Tetap Digaji
Membongkar Rencana Aturan PNS Tak Perlu Lagi Ngantor, Bisa Kerja dari Mana Saja
Tak Hanya WFH, PNS Nantinya Bisa Kerja dari Mana Saja
Vaksinasi Covid-19 Jadi Syarat Perpanjang Kontrak Kerja Honorer di Penajam

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini