PT Phapros bakal buat alat kesehatan bagi penderita hidrosefalus

Sabtu, 12 Maret 2016 20:31 Reporter : Idris Rusadi Putra
PT Phapros bakal buat alat kesehatan bagi penderita hidrosefalus Phapros RNI. ©Phapros RNI

Merdeka.com - PT Phapros Tbk, salah satu anak perusahaan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) terus berinovasi menciptakan pengobatan maupun alat kesehatan. Perseroan saat ini sedang merambah industri produk 'ventriculo peritoneal shunt' (VP-Shunt) untuk pengobatan hidrosefalus.

VP-shunt sendiri adalah alat yang digunakan untuk teknik mengalirkan cairan dari kepala bagi penderita hidrosepafalus ke perut hingga kemudian dikeluarkan dari tubuh melalui anus.

Sekretaris Perusahaan PT Phapros, Imam Ariff Juliardi mengatakan, PT Phapros akan berperan sebagai pemasar produk VP Shunt yang dikembangkan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM). "Prapeluncuran (pre launch) produk VP-shunt ini akan dilakukan pada minggu kedua Maret 2016," kata Imam di Semarang, Sabtu (12/3).

Dengan diproduksinya VP-shunt di dalam negeri, menurut Ariff bisa mengurangi harga hingga 30 persen sampai 40 persen produk impor yang mencapai jutaan Rupiah. Ke depannya akan ada alih teknologi agar PT Phapros dapat memproduksi sendiri alat tersebut.

PT Phapros pada 2016 juga akan bekerja sama dengan perusahaan Jerman untuk memasarkan produk 'implant arthroplasty' untuk penggantian tulang lutut maupun pinggul.

Direktur Utama PT Phapros Iswanto menyatakan ada perjanjian alih teknologi dengan perusahaan Jerman tersebut.

"Jadi dalam beberapa tahun ke depan kami dapat memproduksi produk yang sama. Kami sudah menjalin kerja sama dengan badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang memang sedang mengembangkan material untuk 'implant' tersebut," tutur Iswanto.

Iswanto menambahkan, pihaknya menargetkan menadpat Rp 25 miliar dari kerja sama pemasaran VP-shunt dan implant arthroplasty itu. [sau]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini