Presiden Jokowi: UMKM Jadi Komponen Penting dalam Memulihkan Perekonomian

Kamis, 20 Januari 2022 14:41 Reporter : Anisyah Al Faqir
Presiden Jokowi: UMKM Jadi Komponen Penting dalam Memulihkan Perekonomian Presiden Jokowi. ©Biro Pers Media Istana

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menilai sektor UMKM bisa mengambil peran dalam pemulihan ekonomi nasional, terutama dalam mengatasi kemacetan rantai pasok. Mengingat saat ini secara global tengah terjadi gangguan rantai pasok akibat pemulihan ekonomi di setiap negara yang berbeda.

"UMKM bisa menjadi komponen penting memulihkan perekonomian dan berperan mengatasi persoalan bottleneck supply chain," kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan 2022 di Jakarta, Kamis (20/1).

Syaratnya, UMKM harus bisa bertransformasi lebih dulu, meski masih dalam suasana pandemi. Ini bisa menjadi modal awal yang penting untuk bisa naik kelas ke level yang tinggi.

"UMKM menjadi motor penggerak pemulihan ekonomi, ini yang sedang kita lakukan," katanya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur masih akan terus dipacu dan dilanjutkan dengan reformasi. Mulai dari bidang manufaktur dan industri, hilirisasi mineral dan ekspor barang-barang olahan hasil tambang akan terus ditingkatkan.

"Bolak-balik saya sampaikan setelah nikel kita stop bauksit, tembaga, timah, emas akan kita stop untuk tidak akan diekspor dalam raw material atau bahan mentah," katanya.

Pembangunan berbagi kawasan industri dan kawasan ekonomi khusus juga akan terus ditambah dan ditingkatkan. Harapannya bisa menjadi sumber pertumbuhan baru, meningkatkan ekspor manufaktur dan menciptakan nilai tambah bagi perekonomian.

Kebijakan reformasi struktural juga akan terus dilanjutkan. Fokusnya pada pembangunan berbasis environmental social dan governance. Termasuk terus mendorong transformasi teknologi dan digitalisasi dalam upaya mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Baca juga:
Menhub Budi Jadikan Bandara Sultan Thaha Jambi Tempat Promosi Produk UMKM
Kembangkan UMKM dan Kawasan Heritage, Kantor Pos Medan Akan Diubah Jadi Pos Bloc
Menko Luhut di Pembukaan Gernas BBI 2022: UMKM Tulang Punggung Ekonomi RI
Temui Wapres, Wantimpres Beri Saran Soal IKN hingga Pengembangan UMKM
Bank BJB Dukung Pengembangan UMKM di Bali

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini