Pengusaha Harap Pemerintah Gencar Cari Keuntungan Perang Dagang AS-China

Jumat, 14 Juni 2019 14:00 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pengusaha Harap Pemerintah Gencar Cari Keuntungan Perang Dagang AS-China perang dagang. ©2018 liputan6.com

Merdeka.com - Dunia usaha mengharapkan dukungan pemerintah dalam menghadapi eskalasi perang dagang AS-Tiongkok. Pemerintah diharapkan dapat jeli mencari celah dari perang dagang untuk menggenjot dunia usaha dalam negeri.

"Kita ada perang dagang, AS-China justru itu mungkin ada mendatangkan keuntungan buat kita," Ketua Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Stefanus Ridwan, saat dihubungi merdeka.com, Jumat (14/6).

Eskalasi perang dagang, kata dia, membuka peluang ekspor produk-produk Indonesia. Hal tersebut merupakan salah satu peluang yang harus diambil.

"Mungkin barang-barang kita yang bisa masuk. Yang penting pintar-pintar kita lah. Coba kita cari jalan keluar bagaimana supaya ekonomi kita lebih baik. Kalau seluruh elemen bangsa mau berusaha jadi lebih baik, hasilnya akan signifikan," ungkapnya.

Meski demikian, dia berharap kondusifitas ekonomi dalam negeri walau ada perang dagang AS-China mesti terus dijaga sehingga dunia usaha dapat terus tumbuh.

"Memang yang kita mesti ingat sekarang situasi kita mesti jaga terus. Ini kan momentum lagi bagus. Saya kira mesti jaga terus. Jangan ada rusuh lagi seperti kemarin. Kalau tidak ada rusuh, saya percaya ritel akan naik," jelasnya.

Stefanus menambahkan, secara umum dampak perang dagang belum terlalu besar terhadap bisnis pusat belanja Indonesia. "Dampaknya tidak terlalu besar," tandasnya. [idr]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini