Pemprov Sulut Ajak Inerco dan Rotterdam Port Investasi di Pelabuhan Bitung

Minggu, 22 Mei 2022 09:00 Reporter : Siti Nur Azzura
Pemprov Sulut Ajak Inerco dan Rotterdam Port Investasi di Pelabuhan Bitung Pelabuhan Bitung. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) menggandeng PT Inerco Global Int’l dan International Port of Rotterdam mengembangkan Provinsi Sulawesi Utara, khususnya Pelabuhan Bitung yang sudah diproyeksi menjadi Hub Port International.

"PT Inerco Global International dan Rotterdam Port berkolaborasi bersama Pemerintah Provinsi Sulut untuk melakukan penjajakan," kata CEO PT Inerco Global Int'l, Hendrik Kawilarang Luntungan, dikutip Antara, Minggu (22/5).

Hendrik menuturkan ia bersama Director International Port of Rotterdam Rene Van Der Plas mendapat undangan dari Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey untuk berinvestasi mengembangkan Pelabuhan Bitung. Gubernur Sulawesi Utara membicarakan investasi membangun "Integrated Bitung International Hub Port and Industrial Zone".

Saat ini, studi kelayakan dalam tahap finalisasi, sehingga Direktur Port of Rotterdam Rene Van Der Plas datang langsung melihat lokasi di Bitung. "Kerja sama ini dilakukan atas insiatif dan peran Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang aktif mempromosikan Sulawesi Utara di pentas dunia," tukasnya.

Diketahui Rotterdam adalah pelabuhan terbesar dan pintu masuk ekspor-impor untuk negara-negara di Eropa. Sementara, PT Inerco Global International dan Port of Rotterdam sudah bekerja sama selama 2 tahun dalam rangka melakukan studi kelayakan pembangunan International Hub Port Bitung yang melibatkan Konsultan terbesar dunia Pricewaterhouse Coopers. [azz]

Baca juga:
Luhut Bantah Pembangunan Ibu Kota Baru Minim Pendanaan
Usaha Pempek Gagal, Wanita Lulusan SMK di Palembang Larikan Rp1,2 M Uang Investor
Elon Musk Disebut Akan Investasi di Batang, Begini Reaksi Bupatinya
Pemerintah Dorong Pengembangan dan Investasi di KEK Kendal
Pemerintah Tegaskan Tak akan Ekspor Produk Energi Baru Terbarukan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini