KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Pemerintah tetapkan pagu indikatif 2014 Rp 561,2 triliun

Senin, 8 April 2013 21:30 Reporter : Saugy Riyandi
gedung bertingkat. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah telah menetapkan pagu indikatif dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2014 sekitar Rp 561,2 triliun. Anggaran ini naik Rp 20 triliun dari tahun ini yang sebesar Rp 541,2 triliun.

"Ini yang dibahas dalam pembahasan saya dan menteri keuangan," ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Armida Alisjahbana yang ditemui usai Rapat Koordinasi Pembangunan Nasional di kantor Bappenas, Jakarta, Senin (8/4).

Armida menjelaskan kenaikan pagu indikatif tersebut sudah mencakup kenaikan anggaran untuk pendidikan. "Tahun ini anggaran untuk pendidikan Rp 9,6 triliun, untuk 2014 akan naik menjadi Rp 9,9 triliun," tegas dia.

Dia menambahkan, ketersediaan dana (resource envelope) tersebut, telah menghitung berapa dukungan pada pertumbuhan ekonomi, menjaga inflasi dan subsidi BBM. Kebutuhan dana ini di luar penyelenggaraan pemilu dan persiapan Rencana Pembangunan Jangka Sedang (RPJS).

"Dari resources envelope (RE) itu sudah memperhitungkan berapa target pertumbuhan ekonomi, inflasi, subsidi BBM dan semua. Nah ini RE nya Rp 561 triliun," jelasnya. [bmo]

Topik berita Terkait:
  1. APBN

Rekomendasi Pilihan

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.