Pembukaan 9 Sektor Bisnis di New Normal Selamatkan Ekonomi dan Tenaga Kerja

Selasa, 9 Juni 2020 13:20 Reporter : Merdeka
Pembukaan 9 Sektor Bisnis di New Normal Selamatkan Ekonomi dan Tenaga Kerja pertumbuhan ekonomi. merdeka.com /Arie Basuki

Merdeka.com - Beberapa waktu lalu, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengumumkan rencana pembukaan 9 sektor bisnis penyelamat ekonomi Indonesia di era kenormalan baru (New Normal).

Tercatat, kebijakan pembukaan sektor tersebut telah direspons dengan baik oleh pemimpin daerah di 102 kabupaten/kota yang telah berzona hijau.

Adapun, 9 sektor tersebut antara lain pertambangan, perminyakan, industri, konstruksi, perkebunan, pertanian dan peternakan, perikanan, logistik dan transportasi barang.

"Sembilan sektor ini berkontribusi sangat signifikan terhadap PDB Indonesia dan tenaga kerja, terutama di bidang pertanian dan industri," ujar Economics Content Coordinator BINUS, Mohamad Ikhsan Modjo dalam konferensi pers virtual, Selasa (9/6).

Ikhsan menjelaskan, sektor pertanian berkontribusi hingga 13,47 persen terhadap PDB (sampai dengan Q3 2018), demikian pula dengan sektor industri yang berkontribusi hingga 19,89 persen terhadap PDB.

"Kalau ditambahkan dengan 9 sektor tadi, itu kontribusinya bisa mencapai 65 persen, jadi sangat besar," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Siapkan Protokol Kesehatan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini