Pegawai BUMN Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan di IKN Nusantara, Ini Caranya

Selasa, 14 Maret 2023 15:09 Reporter : Merdeka
Pegawai BUMN Dukung Peningkatan Kualitas Pendidikan di IKN Nusantara, Ini Caranya Maket Ibu Kota Baru. ©2019 dok. Kemen PUPR

Merdeka.com - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) berkolaborasi dengan Relawan Bakti BUMN mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Program ini merupakan salah satu aktualisasi BUMN dalam implementasi program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), dengan melibatkan seluruh pegawai yang terpilih untuk berperan aktif dalam pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

SVP Umum Pupuk Kaltim, Ardi Harto Mulyo mengatakan, Pupuk Kaltim berkolaborasi bersama relawan dari 10 BUMN di Kalimantan Timur, menggelar bakti karyawan di IKN Nusantara tepatnya di SDN 020 Desa Bumi Harapan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Kegiatan sengaja menyasar SDN 020 Desa Bumi Harapan Sepaku, sebagai upaya meningkatkan manfaat dan kontribusi BUMN di bidang pendidikan.

Pendidikan merupakan salah satu fokus sasaran TJSL guna mendukung terwujudnya sumberdaya manusia yang unggul, berkualitas dan berkarakter. Hal ini sesuai amanah Kementerian BUMN, dimana peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan menjadi faktor penentu terhadap daya saing masyarakat, sehingga ke depan mampu berkontribusi dalam pembangunan.

"Terlebih Kabupaten PPU khususnya Kecamatan Sepaku masuk dalam kawasan otorita IKN, yang kedepannya diharap semakin berkembang dengan dukungan sumberdaya manusia berkualitas dan berdaya saing, sekaligus turut berkontribusi dalam pembangunan Ibu Kota Nusantara," kata Ardi.

Menurut dia, Pupuk Kaltim sangat peduli terhadap pendidikan sebagai salah satu faktor utama penunjang kesejahteraan masyarakat. "Pendidikan bagi anak harus berkesinambungan, guna terwujudnya generasi penerus yang cerdas terliterasi, kreatif dan informatif.

"Pupuk Kaltim berkomitmen untuk terus berperan dalam peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan, karena anak berhak untuk mendapat kesempatan belajar lebih tinggi agar menjadi generasi penerus yang terampil dan kompeten," ujar Ardi.

2 dari 2 halaman

Relawan Bakti BUMN merupakan kegiatan kolaborasi antara Kementerian dan perusahaan BUMN, dalam rangka implementasi program TJSL bagi masyarakat di Indonesia. Program ini memberikan kesempatan bagi seluruh pegawai BUMN dari seluruh unit untuk ikut serta secara sukarela dalam realisasi program TJSL, baik yang ada di lingkup perusahaan BUMN masing-masing maupun lintas BUMN.

Asisten Deputi TJSL Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono, mengungkapkan program Relawan Bakti BUMN merupakan bentuk komitmen dalam memberikan kontribusi terbaik bagi masyarakat dan negara.

"Melalui program ini, karyawan BUMN diajak untuk terjun langsung ke masyarakat untuk melakukan kegiatan sosial, sesuai dengan tujuan Bakti BUMN untuk Indonesia melalui aksi nyata yang bermanfaat," kata Edi.

Sementara itu, mewakili Kepala Otorita IKN yakni Deputi Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Susianah Affandy berharap program Relawan Bakti BUMN bisa berjalan berkesinambungan, serta menjadi salah satu program unggulan di kawasan otorita IKN Nusantara.

Hal ini mengingat pendidikan merupakan faktor penting dalam membentuk generasi yang andal dan berdaya saing,

"Kami harap program ini bisa terus diperluas, untuk terselenggara di seluruh sekolah yang ada di kawasan Otorita IKN. Sehingga generasi penerus yang unggul, andal dan berkompeten mampu terwujud dalam mendorong peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia," ujar Susianah.

[idr]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini