Pasar Kramat Jati terbakar, pemerintah siapkan lapak sementara

Senin, 12 Juni 2017 14:07 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Pasar Kramat Jati terbakar, pemerintah siapkan lapak sementara Mendag Enggartiasto kunjuni JAPFA. Istimewa

Merdeka.com - Puluhan kios di blok sentra penjualan bumbu dapur di Komplek Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur ludes terbakar. Pantauan merdeka.com, pada pukul 13.00 asap masih tampak mengepul dari sisa material yang terbakar, meskipun api telah dipasarkan.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita langsung meluncur ke tempat kejadian. Dalam kunjungannya, Mendag Enggartiasto mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola pasar agar segera didirikan pasar sementara.

"Akan dibangun pasar sementara sehingga pedagang dapat kembali berjualan seperti biasa," tambahnya.

Enggar pun menegaskan keberadaan pasar sementara mutlak diperlukan. Mengingat, penjualan yang sedang meningkat di hari-hari menjelang Lebaran seperti sekarang. Dia pun memastikan bahwa pihaknya kini tengah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti pengelola pasar dan Pemda DKI Jakarta untuk perbaikan lebih lanjut.

"Upayakan kebutuhan masyarakat dan pasokan tidak terganggu. Kalau kita lihat struktur bangunan tidak terganggu. Tinggal kita bersihkan dan dibangun lagi kios-kiosnya," jelas Enggar.

Kendati demikian, Mendag Enggar meyakinkan pihaknya dapat menjamin tersedianya pasokan bahan pokok yang cukup. Untuk menjaga stabilitas ketersediaan bahan pokok, Kemendag telah menghubungi para importir dan supplier agar memberikan pasokan tambahan.

"Kami sudah hubungi para importir, agar memastikan mereka mempersiapkan pengiriman tambahan untuk bawang putih dan berbagai komoditi lainnya," kata Enggar.

Dia menambahkan pihaknya akan sesegera mungkin menanggulangi kejadian ini, sehingga pedagang dapat kembali berjualan dan aktivitas pasar dapat kembali normal. "Jadi itu hal yang utama saya akan ikuti proses ini terus supaya bisa cepat. Kita pastikan penjualan yang sedang meningkat tidak terganggu," pungkasnya. [sau]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini