OJK Klaim Operasional 3 Perusahaan Asuransi Tertuduh Sudah Berjalan Sesuai Ketentuan

Senin, 6 Desember 2021 16:41 Reporter : Merdeka
OJK Klaim Operasional 3 Perusahaan Asuransi Tertuduh Sudah Berjalan Sesuai Ketentuan OJK. ©2013 Merdeka.com/Harwanto Bimo Pratomo

Merdeka.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menerima pengaduan dari komunitas korban asuransi AXA Mandiri, AIA dan Prudential. Pengaduan itu disampaikan dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi XI DPR RI, Senin (6/12).

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan non-Bank OJK, Riswinandi mengklaim, kegiatan operasi perusahaan jasa asuransi tertuduh sebenarnya sudah berjalan sesuai ketentuan.

"Kalau dari sisi pengawasan perusahaan, secara keseluruhan hasil pengawasan kita dalam menjalankan operasionalnya sudah sesuai ketentuan," kata Riswinandi.

Kendati begitu, dia tidak menampik jika ada pelaku industri asuransi yang terlibat perselisihan dengan nasabahnya.

"Industri asuransi memang tidak bisa lepas dengan dispute-dispute pada waktu penutupan asuransinya, tidak paham programnya. Padahal kalau mau melakukan pengobatan kan perjanjian itu harus kita (kedua belah pihak) pahami," paparnya.

Mengacu pada keluhan nasabah yang jadi korban, mereka mengaku ditipu oleh produk unit link yang bukannya memberikan keuntungan, tapi justru merugikan.

2 dari 2 halaman

Produk Mengandung Risiko

Riswinandi menekankan, produk unit link keluaran perusahaan asuransi memang mengandung risiko yang harus dipahami oleh calon nasabahnya.

"Unit link ini adalah produk yang sangat kompleks, harus dimengerti risiko-risikonya. Kalau ada informasi yang terkait dengan apa yang dilakukan agen, ini jadi masukan buat kami untuk mendalami dengan perusahaan terkait," ungkapnya.

"Kita akan tindaklanjuti, akan kita masukan untuk menambah masukan saat diskusi dengan perusahaan asuransi yang tiga tadi (AXA Mandiri, AIA, Prudential)," pungkas Riswinandi.

Reporter: Maulandy Rizky Bayu Kencana

Sumber: Liputan6.com [idr]

Baca juga:
Serbu Komisi XI, Nasabah Adukan Ragam Penipuan Asuransi ke OJK
Asuransi Rangka Kapal Melesat, Jasindo Raup Premi Bruto Rp346 M per September 2021
Resmikan Kantor Baru di Jakarta, FWD Insurance Miliki 16 Kantor Pemasar di 15 Kota
Kemenkeu Asuransikan Aset 64 Kementerian Lembaga Rp34 Triliun
KSK Insurance Bidik Pertumbuhan Premi 29 Persen di 2021
Ini Hal Penting Harus Diperhatikan Sebelum Beli Polis Asuransi

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. OJK
  3. Asuransi
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini