Mentan Pastikan Indonesia Siap Hadapi Musim Kemarau Panjang, Inilah Alasannya

Rabu, 7 Agustus 2019 16:25 Reporter : Moh. Kadafi
Mentan Pastikan Indonesia Siap Hadapi Musim Kemarau Panjang, Inilah Alasannya Menteri Amran di Badung Bali. ©2019 Merdeka.com/Moh Kadafi

Merdeka.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, mengaku tidak khawatir menghadapi musim kemarau dan kekeringan di Indonesia pada tahun ini. Pembangunan embung selama 4 tahun terakhir dinilai mampu menjaga kinerja sektor pertanian.

"Persoalan kemarau setiap tahun. Dan kementerian pertanian kita sudah persiapkan 4 tahun sebelumnya jadi kita tidak khawatir untuk itu," kata Menteri Amran di Area Kargo Logistik Angkasa Pura II, Kabupaten Badung, Bali, Rabu (7/8)

"Kenapa, persiapan untuk memitigasi musim kemarau tidak bisa diselesaikan dengan instan. Kita sudah persiapkan 4 tahun sebelumnya menyiapkan embung dengan menteri desa. Kita memperbaiki irigasi dan bendungan sudah dibangun, sumur dangkal dan sumur dalam, dan insyaallah tidak ada masalah," imbuhnya.

Menteri Amran juga menjelaskan, kendati nantinya ada kekeringan di beberapa daerah menurutnya tidak akan signifikan dan mengganggu ketahanan pangan.

"Memang ada kekeringan tapi itu tidak signifikan tidak akan mengganggu produksi (dan) kecupan ketahanan pangan kita. Seluruh Indonesia aku jamin, bahkan berasnya sekarang di Bulog sudah mulai sewa gudang jadi untuk beras. Yang lainnya insyaallah aman (jelang musim kemarau)," ujarnya. [bim]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini