Mentan Amran: Doakan kita bisa ekspor beras tahun ini

Selasa, 24 Januari 2017 20:40 Reporter : Anggun P. Situmorang
Mentan Amran: Doakan kita bisa ekspor beras tahun ini Amran Sulaiman naik traktor. Syifa Hanifa©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Pertanian, Amran Sulaiman menyebut, produksi beras tahun ini meningkat jauh dibanding dengan tahun sebelumnya. Target produksi beras Tanah Air bukan lagi untuk mencukupi kebutuhan dalam negeri, namun memenuhi kuota ekspor ke luar negeri.

"Kita sudah setop impor beras. Melihat hasil panen di Blora hari ini, bulan Februari kita pastikan hasil panen cukup memenuhi kebutuhan permintaan. Target kita sekarang, tinggal ekspor beras," ujar Menteri Amran, di Kawasan pertanian Desa Pulo, Blora, Jawa Tengah, Selasa (24/1).

Amran mengatakan, peningkatan produksi beras terjadi karena berbagai usaha yang dilakukan oleh pemerintah bersama masyarakat seperti gerakan tanam cepat dan penggunaan teknologi panen yang efisien (combine harvester).

"Peningkatan ini terjadi karena kita terapkan sistem tanam cepat. Sistem itu, kita gerakkan petani habis panen langsung tanam lagi. Jadi tidak ada waktu yang terbuang. Bila ini terus dilakukan, kita pastikan produksi terus meningkat," ungkap Menteri Amran.

"Kalau dulu panen, petani pakai manual. 25 orang per ha bekerja memanen. Sekarang dengan alat yang kita punya, 3 jam bisa selesai semuanya. Doakan saja target kita ekspor beras tahun ini tercapai," katanya.

Menteri Amran mengatakan sistem gerakan tanam cepat dan penggunaan combine harvester masih menjadi andalan untuk meningkatkan produksi beras tahun 2017.

"Karena sudah terbukti meningkatkan produksi, sistem gerakan tanam cepat dan penggunaan teknologi mesin panen akan kita tingkatkan lagi tahun ini," ungkapnya. [idr]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini