Menkop Teten Soal Renovasi Sarinah: Untuk Dukung Pariwisata dan UMKM Lokal

Jumat, 8 Mei 2020 15:34 Reporter : Merdeka
Menkop Teten Soal Renovasi Sarinah: Untuk Dukung Pariwisata dan UMKM Lokal Gedung Sarinah. merdeka.com/skyscrapercity.com

Merdeka.com - Gerai makanan cepat saji McDonald's yang bertempat di pusat perbelanjaan Sarinah akan segera ditutup permanen mulai 10 Mei 2020, tepat pukul 22.05 WIB. Hal ini menindaklanjuti keputusan manajemen gedung Sarinah yang akan melakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis pada bangunan milik pemerintah tersebut.

Penutupan ini menjadi perbincangan di dunia maya, terutama masyarakat ibukota yang memiliki banyak kenangan akan tempat tersebut. Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Teten Masduki menjelaskan, perombakan Sarinah untuk pariwisata dan para pengusaha lokal.

"Sesuai arahan Presiden memang konsep bisnis Sarinah sedang ditata ulang, untuk mendukung pariwisata dan UMKM. Penataan ini saya kira sedang dilakukan oleh manajemen Sarinah di bawah arahan Menteri BUMN. Ke depan Sarinah di Thamrin dan gerai Sarinah di bandara-bandara akan dijadikan marketplace untuk produk UMKM, untuk memperkuat brand lokal," kata Teten kepada Liputan6.com, Jumat (8/5).

Untuk itu, pihaknya akan melibatkan pihak profesional untuk melakukan kurasi produk-produk UMKM yang akan dijual di Sarinah. Sebab, saat ini pemerintah kesulitan mengarahkan kalau ada tamu negara atau turis asing yang ingin pergi ke pusat perbelanjaan lokal.

"Mereka selalu tanya di mana pusat produk-produk Indonesia dijual. (Ke depan) Sarinah jadi pusat etalase all Indonesian product," ungkap Teten.

Menurut dia, perubahan konsep bisnis itu akan cukup baik untuk Sarinah sendiri. "Yang harus bersaing dengan GI, Plaza Indonesia dan Thamrin City yang saling berdekatan. Kalau Sarinah tidak punya produk yang berbeda dengan pesaing-pesaingnya pasti kalah," pungkasnya.

1 dari 1 halaman

McDonalds Sarinah Tutup

tutup rev1

McDonald's pertama kali dibuka di Sarinah Thamrin pada 14 Februari 1991 dan menjadi restoran McDonald's pertama di Indonesia. Sempat meninggalkan Sarinah Thamrin pada tahun 2009, McDonald's berhasil kembali lagi ke Sarinah Thamrin pada tahun 2011 melalui proses tender.

"Bagi jutaan konsumen McDonald's yang pernah singgah di restoran kami tersebut, McDonald's Sarinah Thamrin adalah kenangan indah yang telah menciptakan jutaan momen berharga dan tak terlupakan," kata Michael.

"Banyak konsumen kami yang memiliki pengalaman pertama bersama McDonald's di Sarinah Thamrin dan sekarang mewariskan pengalaman itu kepada anak-anak mereka dengan tetap menjadi pelanggan setia McDonald's Sarinah Thamrin," sambungnya.

Reporter: Putu Merta Surya Putra

Sumber: Liputan6.com [azz]

Baca juga:
Renovasi Gedung Sarinah Direncanakan Selesai Mei 2021
Sejarah McDonald's Sarinah, Jadi Kedai Pertama di Indonesia
McDonald's Sarinah Tutup Permanen: Banyak Kenangannya, Sedih Banget
Incar Pasar AS, Sarinah Evaluasi Produk UKM
Pemerintah Gagas Kamar Ekspor Permudah Pelaku UMKM Tembus Pasar Dunia
Majukan UMKM, Erick Thohir Bakal Sinergikan BRI dengan Sarinah

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini