Menko Airlangga: Ekonomi Dunia Mulai Pulih dari Tekanan Covid-19, Termasuk Indonesia

Kamis, 5 November 2020 18:49 Reporter : Idris Rusadi Putra
Menko Airlangga: Ekonomi Dunia Mulai Pulih dari Tekanan Covid-19, Termasuk Indonesia Menko Airlangga. istimewa ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pertumbuhan ekonomi sejumlah negara maju dan berkembang menunjukkan perbaikan pada kuartal III-2020 dibanding kuartal II-2020. Hal ini juga dirasakan Indonesia, dan ini menggambarkan perekonomian dunia mulai pulih dari tekanan pandemi Covid-19.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan, perekonomian sejumlah negara Asia Tenggara juga menunjukkan tren positif, meskipun kontraksi masih membayangi dengan dosis yang mengecil.

"Dibandingkan dengan berbagai negara, hampir semua tren positif, artinya dunia mulai recover," kata Menko Airlangga dikutip dari Antara.

Indonesia mencatat pertumbuhan ekonomi minus 3,49 persen secara tahunan (year on year/yoy) pada kuartal III-2020 ini, yang melanjutkan kontraksi dari kuartal II-2020 yang minus 5,32 persen (yoy). Meski masih mengalami kontraksi, Airlangga mengatakan laju perekonomian domestik sudah mengarah ke jalur pemulihan.

Menko Airlangga meyakini Indonesia sudah melewati fase terdalam perlambatan perekonomian. Mantan Menteri Perindustrian itu berharap pada kuartal IV 2020, perekonomian dapat berbalik ke tren positif, meskipun ada kemungkinan masih terjebak di level negatif.

Proyeksi Menko Airlangga untuk pertumbuhan ekonomi kuartal IV-2020 adalah -1,6 persen hingga 0,6 persen.

Baca Selanjutnya: Dilihat Secara Kuartalan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini