Menkeu Sri Mulyani soal peringkat utang dari Fitch naik: Belum, AAA itu baru baik

Kamis, 21 Desember 2017 16:23 Reporter : Desi Aditia Ningrum
Menkeu Sri Mulyani soal peringkat utang dari Fitch naik: Belum, AAA itu baru baik Sri Mulyani. ©2017 merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Lembaga pemeringkat internasional Fitch Ratings menaikkan peringkat utang Indonesia menjadi BBB dari sebelumnya BBB-. Meski telah naik peringkat, namun Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku belum puas. Menurutnya jika Indonesia mencapai rating AAA, itu baru baik.

"Dari sisi rating mencapai triple A itu baru baik. Kalau triple B ya belum, kita terus memperbaiki sistem keuangan negara," kata Menteri Sri Mulyani di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN), Jakarta, Kamis (21/12).

Menurutnya, peningkatan rating ini menunjukkan jika pengelolaan keuangan negara mulai dari Kementerian dan Lembaga (K/L), Pemerintah Daerah (Pemda) semakin baik. Akan tetapi, pemerintah tetap mewaspadai risiko pada pengelolaan keuangan, seperti kebijakan subsidi dan fluktuasi harga minyak dunia.

"Oleh karena itu kita menjaga APBN, kita harus punya bumper yang cukup dan tentu ini bentuk perbaikan kita untuk terus memperbaiki rating kita," ujarnya.

Mantan Direktur Bank Dunia itu menambahkan, dalam jangka pendek peningkatan rating menjadi BBB ini akan memberikan kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Sehingga Indonesia akan dinilai sebagai negara yang laik untuk berinvestasi.

"Indonesia memiliki fondasi yang baik dan diakui internasional maka Indonesia bisa terbebas dari sentimen negatif, jadi kita punya tambahan pertahanan menyambut berbagai macam spekulasi," tandasnya.

[bim]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini