Luhut klaim pembangunan jalan tol paling banyak dilakukan di pemerintahan Jokowi-JK

Rabu, 18 Oktober 2017 11:57 Reporter : Anggun P. Situmorang
Luhut klaim pembangunan jalan tol paling banyak dilakukan di pemerintahan Jokowi-JK

Merdeka.com - Menteri Koordinator bidang Perekonomian Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pembangunan infrastruktur paling banyak dilakukan pada zaman pemerintahan Jokowi-JK. Salah satunya adalah pembangunan jalan tol secara merata di seluruh wilayah Indonesia.

"Pembangunan tol sekarang ini kalau kita lihat selama zaman Pak Joko Widodo 3 tahun sudah dibangun 568 kilometer. Kalau dibandingkan yang lain masih lebih paten ini," ujar Luhut di Kantor Staf Presiden, Jakarta, Rabu (18/10).

Jika dibandingkan dengan pemerintahan sebelumnya, pembangunan jalan tol yang dilakukan pada pemerintahan Presiden Joko Widodo menempati urutan pertama dengan panjang tol sebesar 568 kilometer. Lalu yang kedua dibangun pada zaman pemerintahan Presiden Soeharto yaitu sebesar 490 kilometer.

Pembangunan jalan tol yang dilakukan pada zaman Pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menempati urutan ketiga yaitu sepanjang 212 kilometer. Jalan tol yang dibangun pada pemerintahan Presiden Megawati Soekarnoputri menempati urutan keempat, dengan panjang jalan tol sepanjang 34 kilometer.

Kemudian pembangunan jalan tol yang dilakukan oleh Presiden BJ Habibie menempati urutan kelima dengan panjang jalan tol sebesar 7,2 kilometer. Sementara itu, pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid membangun jalan tol sepanjang 5,5 kilometer.

Luhut menambahkan pada pemerintahan Jokowi-JK pemerintah fokus melakukan pembangunan infrastruktur di luar Jawa. Salah satu pembangunan yang gencar dilakukan adalah pembangunan jalan Trans Papua sepanjang 4.325 kilometer.

"Pembangunan infrastruktur di luar Jawa, saya kira berjalan dengan baik. Pembangunan jalan Trans Papua ini berjalan, belum pernah sepanjang sejarah," tandasnya.

[azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini