Lewat Antrean Online, Akses Layanan Kesehatan bagi Peserta JKN Kian Mudah dan Pasti

Jumat, 9 Desember 2022 08:04 Reporter : Merdeka
Lewat Antrean Online, Akses Layanan Kesehatan bagi Peserta JKN Kian Mudah dan Pasti Aplikasi Mobile JKN. ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Semenjak ada sistem antrean online di Aplikasi Mobile JKN, ada banyak peserta JKN yang sudah membuktikan manfaat dan kemudahan fitur tersebut dalam mengakses pelayanan kesehatan. Salah satunya ialah peserta JKN asal Bandung bernama Nur Fitri Yuniati (32). Ia menuturkan, saat pertama kali dirujuk dari Klinik Pratama Seno Medika ke RS Santo Yusup Bandung, ia diedukasi oleh petugas rumah sakit untuk mendaftar layanan lewat antrean online pada Aplikasi Mobile JKN.

"Setelah saya unduh dan melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN, ternyata memanfaatkannya sangat mudah. Cukup daftar lewat smartphone, saya bisa langsung dapat nomor antrean di poli rumah sakit yang dituju. Selain itu, waktu pelayanan juga muncul di aplikasi, jadi saya bisa memperkirakan kapan harus berangkat ke rumah sakit," tutur Fitri, Rabu (30/11).

Pemanfaatan fitur antrean online melalui Aplikasi Mobile JKN tersebut dinilai Fitri mampu memberikan beragam kemudahan bagi peserta JKN, terutama untuk menghindarkan peserta dari lamanya mengantre di fasilitas kesehatan.

"Pada fitur antrean online ini, waktu pelayanan kesehatan kepada peserta JKN sesuai dengan yang tertera pada Aplikasi Mobile JKN. Dari waktu kedatangan sampai dilayani, saya menunggu hanya 10-15 menit. Bahkan pernah juga lebih cepat karena durasi pelayanan kepada pasien sebelum saya lebih singkat. Tidak ada istilahnya harus mengantre berjam-jam di rumah sakit dan berdesakan dengan pasien lain," ungkapnya.

Fitri juga menuturkan, seyogyanya kantor-kantor pelayanan publik sudah menyediakan kanal digital untuk mengikuti perkembangan zaman, seperti yang dilakukan BPJS Kesehatan. Aplikasi Mobile JKN merupakan bukti nyata bahwa pemanfaatan teknologi sangat memberikan kemudahan bagi peserta JKN.

"Kalau dulu antre di rumah sakit harus dari subuh karena sistem antreannya masih manual, sekarang lewat Aplikasi Mobile JKN kita bisa daftar di mana saja, bahkan satu hari sebelum jadwal layanan yang diinginkan. Dengan antrean online, pelayanan kesehatan kepada peserta JKN menjadi lebih mudah dan pasti," ungkap Fitri.

[hhw]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini