Klaim Asuransi Umum Ambil Porsi Sengketa Terbanyak

Rabu, 27 Maret 2019 15:27 Reporter : Merdeka
Klaim Asuransi Umum Ambil Porsi Sengketa Terbanyak asuransi. igiftblog

Merdeka.com - Nasabah asuransi kerap dibuat jengkel lantaran proses klaim asuransi hampir sebagian besar dimenangkan oleh perusahaan. Sebagian besar klaim itu datang dari asuransi umum.

Data Badan Mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI) per 2017 mencatat realisasi sengketa klaim asuransi umum mencapai 276 kasus, sedangkan asuransi jiwa capai 226 kasus.

Ketua BMAI, Frans Lamury menyatakan jumlah klaim asuransi umum yang diterima dan ditolak cenderung imbang. Tercatat dari upaya mediasi ada 118 klaim yang diterima dan 119 klaim ditolak, sementara dari upaya ajudikasi ada 27 klaim yang diterima dan 12 klaim ditolak.

"Paling banyak dari asuransi umum (sengketa klaim asuransi). Perbandingan diterima atau ditolaknya 50:50 lah," ujarnya kepada Liputan6.com di Jakarta, Rabu (27/3).

Dia menambahkan, banyak nasabah yang datang ke BMAI tidak memahami betul asuransi yang dibeli. Saat hendak klaim, ternyata ada syarat yang tidak terpenuhi. "Hampir sebagian besar klaim asuransi dimenangkan penanggung. Hal ini karena minimnya pemahaman masyarakat terhadap polis yang sudah dibeli," ungkapnya.

BMAI sendiri merupakan anggota dari Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), lembaga khusus yang ditunjuk OJK untuk membantu menyelesaikan sengketa antara pemegang polis dengan perusahaan asuransi.

Lima anggota lainnya adalah Badan Arbitrase Pasar modal Indonesia (BAPMI), Badan Mediasi Dana Pensiun (BMDP), Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa Perbankan Indonesia (LAPSPI), Badan Arbitrase dan Mediasi Perusahaan Penjaminan Indonesia (BAMPPI), serta Badan Mediasi Pembiayaan dan Pergadaian Indonesia (BMPPI).

Reporter: Athika Rahma

Sumber: Liputan6.com [azz]

Topik berita Terkait:
  1. Asuransi
  2. Ekonomi Indonesia
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini