Kementerian Perhubungan alokasikan dana Rp 1,2 T bagi pekerja padat karya

Minggu, 18 Februari 2018 20:56 Reporter : Dwi Aditya Putra
Kementerian Perhubungan alokasikan dana Rp 1,2 T bagi pekerja padat karya Menhub Budi Karya. Yayu ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya mengalokasikan dana sebesar Rp 1,2 triliun untuk upah pekerja padat karya proyek bidang perhubungan tahun ini. Pengalokasian tersebut dilakukan mengingat semakin banyak proyek yang digarap oleh Kemenhub.

"Terutama pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan tenaga kerja seperti penggalian, membuat saluran, membuat jalan. Karena kita ini membutuhkan suatu perbaikan-perbaikan di tempat-tempat fasilitas transportasi," ujar Menteri Budi di Stasiun Cakung, Jakarta, Minggu (18/2).

Menteri Budi mengatakan, dana tersebut nantinya dapat digunakan untuk memberikan upah kepada 70 ribu tenaga kerja selama enam bulan. 70 ribu tenaga kerja tersebut di antaranya bekerja di sekitar stasiun, sepanjang rel dan memperbaiki perlintasan kereta api.

"Kalau di lingkungan perhubungan darat mereka bekerja di sekitar terminal. Kalau di laut, sekitar pelabuhan. Kalau perhubungan udara di sekitar bandara. Jadi, untuk itu kita alokasikan sekitar Rp 1,2 triliun," jelasnya.

Menteri Budi menambahkan, pengerjaan proyek kementerian perhubungan memang tergolong modern. Sehingga tidak semua pekerjaan dilakukan oleh para pekerja padat karya. "Jadi walaupun ini pekerjaan yang sangat modern, tapi untuk pekerjaan yang masih bisa dikerjakan oleh masyarakat itu dikerjakan oleh masyarakat," ujarnya. [rzk]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini