Kemenkop UKM: Pemerintah Serius Bantu Pemulihan UMKM di Masa Pandemi

Rabu, 5 Mei 2021 14:50 Reporter : Sulaeman
Kemenkop UKM: Pemerintah Serius Bantu Pemulihan UMKM di Masa Pandemi UMKM. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Pemerintah Jokowi mendukung penuh pemulihan bisnis UMKM di masa pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan langsung oleh Deputi Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM, Eddy Satriya.

"Ya kita akan (all out), seperti yang disampaikan," tegasnya dalam acara Dialog Produktif Rabu Utama bertajuk Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM) 2021, Rabu (5/5).

Eddy mengungkapkan, keseriusan pemerintah untuk membantu proses pemulihan bisnis UMKM di masa pandemi ini dibuktikan melalui berbagai program insentif. Sebagaimana yang dirumuskan dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) untuk sektor UMKM.

"Di dalam PEN tadi ada subsidi bunga, dana restrukturisasi penempatan di perbankan, ada PPh final. Kemudian ada imbal jasa penjaminan, dana investasi untuk koperasi melalui LPDB (Lembata Pengelola Dana Bergulir), dan terakhir BPUM tadi," ungkap dia.

Selain itu, Kementerian Koperasi dan UKM juga berkomitmen untuk menjaga kestabilan harga pangan melalui kerja sama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) hingga Perum Bulog. Sehingga, bisa mengurangi biaya pengeluaran pelaku usaha warteg maupun pedagang makanan kecil lainnya.

"Jadi, sebenarnya cukup banyak program di luar dana PEN tadi," terangnya.

Terakhir, pemerintah juga terus mengupayakan implementasi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja (UU Cipta Kerja) dapat membawa angin segar bagi pelaku UMKM.

Salah satunya dengan mengalokasikan anggaran anggaran Kementerian/lembaga sebesar 40 persen untuk belanja barang dan pengadaan jasa pemerintah bagi UMKM.

"Nah, ini sedang di garap. Ini menjadi bagian dari PP turunan UU Cipta Kerja," ujarnya. [idr]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini