Kemenkeu Buka Peluang TMII Bakal Dikelola BUMN Pengelola Candi

Jumat, 16 April 2021 15:13 Reporter : Merdeka
Kemenkeu Buka Peluang TMII Bakal Dikelola BUMN Pengelola Candi Suasana TMII yang diambil alih pemerintah. ©Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Direktur Barang Milik Negara Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Encep Sudarwan, mengatakan pemerintah sampai saat ini masih mencari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tepat untuk mengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Kemungkinan besar yang akan mengelola adalah PT TWC (Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko).

Selain PT TWC, BUMN pariwisata lain yang beroperasi saat ini adalah ITDC (Indonesia Tourism Development Corporation) atau PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero).

"Setneg (Sekretariat Negara) bukan ahli di bidang pariwisata untuk mengelola TMII, sehingga akan melakukan kerja sama dengan BUMN. Nanti akan kita lihat, tapi kemungkinan TWC," kata Encep dalam Bincang Bareng DKJN pada Jumat (16/4).

Kendati demikian, Encep mengatakan pihaknya belum menerima proposal mengenai pihak yang nanti akan mengelola TMII. Namun, mekanisme pengelolaan ini nantinya berupa kerja sama pemanfaatan.

Berdasarkan mekanisme tersebut, dijelaskannya negara akan mendapatkan beberapa keuntungan dari sisi finansial. Antara lain adalah profit sharing dan kontribusi tetap per tahun.

Keuntungan dari sisi non-finansial yaitu pengelolaannya bisa lebih optimal untuk berbagai hal termasuk pendidikan dan pariwisata.

Baca Selanjutnya: Pengambilalihan TMII...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini