Kasus Covid-19 Melonjak, Menkeu Sri Mulyani Khawatir Pertumbuhan Ekonomi Terganggu

Senin, 14 Juni 2021 12:30 Reporter : Merdeka
Kasus Covid-19 Melonjak, Menkeu Sri Mulyani Khawatir Pertumbuhan Ekonomi Terganggu Menkeu Sri Mulyani rapat dengan Komisi XI DPR. ©Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mewaspadai, lonjakan kasus Covid-19 terhadap stabilitas ekonomi. Utamanya pada angka pertumbuhan ekonomi kuartal II 2021.

Secara global, lanjutnya, lonjakan kasus Covid-19 terjadi di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, Vietnam hingga Thailand, imbas adanya ledakan kasus Covid-19 di India. Sementara di Indonesia, selain pengaruh global, kenaikan kasus juga disebabkan meningkatkan mobilitas masyarakat pada masa Lebaran.

"Kalau kita lihat lonjakannya cukup besar. Pada Juni ini harus diwaspadai karena bulan Juni ini bulan akhir triwulan ke II, jadi nanti pasti akan terpengaruh terhadap penilaian stabilitas ekonomi triwulanan," ujar Menteri Sri Mulyani dalam rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Senin (14/6).

Lanjutnya, kenaikan kasus awalnya terjadi di beberapa daerah di luar pulau Jawa seperti di Riau, Aceh, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau dan Kalimantan Barat. Namun sekarang, pola penyebarannya sudah masuk ke pulau Jawa, seperti Jawa Tengah.

"Tidak hanya di Kudus tapi di beberapa kota, di DKI Jakarta, Wisma Atlet kemarin bed occupancy ratio-nya dari 16 persen ke 29 persen, lalu ke 33 terakhir saya lapor, dan sekarang 80 persen jadi kenaikan luar biasa," ujarnya.

Baca Selanjutnya: Ekonomi Membaik Saat Covid-19 Tertangani...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini