Kadin Apresiasi Ekspor Komoditas Pertanian Indonesia Terus Naik

Rabu, 3 April 2019 17:45 Reporter : Idris Rusadi Putra
Kadin Apresiasi Ekspor Komoditas Pertanian Indonesia Terus Naik Rosan P Roeslani. Hana Adi Perdana©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesian, Rosan P Roeslandi mengapresiasi capaian ekspor komoditas pertanian Indonesia hingga April 2019. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat, ekspor komoditas perdagangan pertanian pada April 2019 meningkat sebesar 6,11 persen (month on month) dan 7,38 persen (year on year).

Capaian tersebut menandakan bukti keseriusan Mentan Amran Sulaiman untuk mengoptimalkan potensi alam Indonesia.

"Harus diapresiasi perhatian Mentan Amran Sulaiman tehadap kemampuan sumber daya alam kita. Beliau serius mengelolanya untuk ekonomi bangsa," ujar Rosan, Rabu (3/4).

Selain itu, meroketnya angka ekspor komoditas pertanian di era Amran Sulaiman sebab kepedulian dan keinginannya bersedia bersinergi dengan kalangan pengusaha. "Amran Sulaiman ingin soal ekspor (pertanian) tidak dipersulit. Ingin cepat serta efisien," ucap Rosan.

Realisasinya, dengan telah banyaknya izin investasi yang dibuat semakin mudah dan diminimalisir proseduralnya. Rosan menuturkan, fakta peningkatan nilai ekspor saat ini berdasarkan data yang dirilis BPS juga merupakan bagian keberhasilan pemerintahan Jokowi guna membangun pertanian berkualitas.

Akhir Maret lalu, Kementerian Pertanian (Kementan) melepas ekspor 12 ton beras ke Papua Nugini. Ekspor beras tersebut merupakan hasil produksi pertanian dari Merauke, Papua.

Sedangkan di Samarinda, Kalimantan Timur, ekspor olahan kayu juga dilepas oleh Kementan dengan negara tujuan India, Cina dan Myanmar.

Sementara itu, dari Medan, Sumatera Utara, Kementan mampu meningkatkan ekspor minyak kelapa sawit ke Brazil, Yordania dan beberapa negara di Asia maupun Afrika.

Begitu juga di Pangandaran, Jawa Barat, Kementan berhasil mengekspor komoditas kelapa kelapa ke Australia sebanyak 15 ton. [idr]

Topik berita Terkait:
  1. Pertanian
  2. KADIN
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini