Jasa Raharja Catat Klaim Kecelakaan Saat Mudik Turun 80 Persen

Senin, 10 Juni 2019 17:25 Reporter : Wilfridus Setu Embu
Jasa Raharja Catat Klaim Kecelakaan Saat Mudik Turun 80 Persen Jasa Raharja. ©2014 merdeka.com/imam buhori

Merdeka.com - Direktur Utama PT Jasa Raharja (Persero) Budi Rahardjo Slamet mengatakan pencairan klaim kecelakaan lalu lintas pada mudik dan arus balik Lebaran turun hingga 80 persen dibandingkan tahun lalu. Hal tersebut, memperlihatkan penurunan drastis angka kecelakaan lalu lintas darat.

"Iya. Turun 80 persen. Yang meninggal ada, cuma mau kita serahkan mereka belum siap karena suasana lebaran," kata dia saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Senin (10/6).

Menurut dia, ada sejumlah faktor yang menyebabkan turunnya jumlah klaim asuransi. Kondisi infrastruktur yang makin baik adalah salah satunya. "Banyak dampak, salah satunya infrastruktur semakin baik, kemudian ketaatan masyarakat mematuhi aturan, ketentuan rambu, arahan petugas juga dipatuhi. Ini berdampak," urai dia.

"Kerja keras pemerintah, dalam ini polisi dan Kemenhub, Jasa Marga, pengelola jalan tol, semua all out agar mudik lancar dan sampai ke tempat tujuan. Termasuk ke jalan arterinya juga sangat ketat," imbuhnya.

Dia pun berharap, keadaan ini terus berlanjut hingga tahun yang akan datang. Sebagai informasi, besaran klaim yang dibayarkan Jasa Raharja yakni Rp 50 juta, untuk korban meninggal dunia. Sementara biaya perawatan maksimal Rp 20 juta.

"Tahun depan kita harapkan demikian. Tahun lalu korban kecelakaan 30 persen turunnya dibanding 2017/2018, tahun ini 64 persen. Ini kan suatu peningkatan. Tahun depan kita harapkan semakin baik, infrastruktur kan semakin baik, tol sampe padang," tandasnya. [azz]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini